nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Penyebaran Kanker pada Ria Irawan

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 21 November 2014 00:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 11 20 481 1068485 begini-cara-penyebaran-kanker-pada-ira-irawan-bh8Gu4cVgb.jpg Ria Irawan idap kanker getah bening (Foto: Heru/Okezone)

KANKER getah bening adalah satu jenis kanker yang cukup mengancam manusia. Kanker yang menyerang pabrik imunitas tubuh ini umumnya berawal dari infeksi.

Seperti halnya dengan artis Ria Irawan yang divonis kena kanker getah bening stadium 3, sejak penyakit reproduksi yang dialami pada tahun 2009. Bahkan, awalnya rahimnya sudah diangkat namun ternyata sel kanker telah menyebar hingga ke indung telur dan kelenjar getah bening.

Menurut Prof. Dr. dr. Arry Harryanto Reksodiputro, kanker getah bening umumnya terjadi karena adanya infeksi, khususnya infeksi virus.

“Demikian juga dengan mereka yang menderita penyakit autoimun, yaitu kondisi di mana imunitas menyerang sel-sel baik dalam tubuh," Prof. Dr. dr. Arry Harryanto Reksodiputro, kepada Okezone saat ditemui langsung di kediaman beliau, di bilangan Menteng, Jakarta.

Beberapa infeksi virus seperti cyto megalo virus (CMV), HIV, EBV, dan Hepatitis C dapat menjadi penyebab dari kanker yang juga disebut kanker limfoma ini. Penyakit autoimun seperti artritis reumatologi, atau bahkan asma dan alergi akut, juga dapat mengawali perkembangan kanker getah bening.

Menurut keterangan ahli kanker medik dan hematolog ini, di Asia, termasuk Indonesia, frekuensi kasus kanker getah bening terbilang tinggi dibanding dengan kasus di negara-negara maju.

"Wilayah Asia, termasuk Indonesia, memiliki angka kejadian kanker getah bening yang terbilang tinggi. Ini karena masih rentannya lingkungan kita terhadap penyebaran infeksi, yang memungkinkan orang untuk terkena virus-virus penyebab kanker getah bening ini," imbuhnya.

Seperti halnya kanker lain, kanker getah bening memiliki banyak faktor risiko. Ini seperti pola hidup (contohnya yang memungkinkan seseorang menderita HIV), hidup di lingkungan kumuh yang mungkin menularkan infeksi CMV, lingkungan hidup tercemar, dan faktor internal lain seperti obesitas, kurangnya olahraga, dan riwayat kanker dari keluarga.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini