nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tari Legong Tak Mengenal Usia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Sabtu 29 November 2014 18:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 11 29 406 1072412 tari-legong-tak-mengenal-usia-WyB08sZYSa.jpg Wanita usia tua masih menari legong (Foto:Baliholiday)
TARI Legong merupakan tarian tradisional khas Bali yang memiliki banyak keunikan pada penarinya. Menurut Maestro Tari Legong, Bulantrisna Djelantik, sampai usia tua pun masih banyak penari Legong yang masih menari.

“Perubahan zaman sekarang adalah penari Legong itu sampai tua. Kalau dulu kan wanita sudah menikah langsung berhenti menari, tetapi sekarang sudah nenek-nenek pun masih menari, ” ujarnya kepada Okezone di Dapoer Ciragil, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Wanita kelahiran Deventer, Belanda, 8 September 1947 ini menceritakan, zaman dahulunya Tari Legong memang ditarikan oleh anak-anak kecil. Tetapi, setelah gadis kecil tersebut beranja dewasa dan menikah, maka akan berhenti menari.

“Kalau dulu, memang anak-anak kecil itu kan setelah dewasa cepat menikah, setelah itu berhenti menari dan kemudian diganti dengan penari yang baru, jadi beregenerasi. Tetapi, sekarang ada maestro-maestro Legong yang sudah berumur, tetapi masih bisa menari terus, ” tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini