nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Membuat Busana Pentas

Evi Elfira, Jurnalis · Kamis 04 Desember 2014 01:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 03 194 1074285 tips-membuat-busana-pentas-MtVMRonZsD.jpg Samuel Wattimena (Foto: dok. Wattimena)

SAMUEL Wattimena tidak hanya dikenal sebagai desainer yang kerap merancang busana bernuansa etnik. Tetapi, desainer berdarah Maluku itu juga berpengalaman untuk membuat kostum pentas.

Menurut Samuel, menciptakan busana untuk pentas tentunya tidak mudah. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan.

“Yang paling utama dan diperlukan dalam pembuatna kostum itu adalah roh dari ceritanya. Menurut saya kenapa kostum perlu seperti itu adalah karena bahwa kostum itu sendiri berkomunikasi. Kostum itu mempunyai peran untuk mengkomunikasikan hal-hal yang tidak terkomunikasikan melalui dialog,” terang Samuel Wattimena kepada Okezone melalui sambungan telefon, Rabu, (3/12/2014).

Tidak hanya sekedar pakaian, segala bentuk dari kostum yang digunakan pemain film maupun pentas memberikan pesan tersendiri kepada para penonton. Dari pemilihan bahan, detail dan lainnya, kostum juga berfungsi untuk mengkomunikasikan alur cerita.

“Dia harus bisa berkomunikasi atau mengkomunikasikan cerita dari pemeran melalui pakaian yang dipakai. Baik melalui warna, melalui motif ataupun melalui pemilihan bahan,” papar desainer berdarah Maluku ini.

Tidak hanya itu, pemeran serta alur cerita pun memiliki dampak yang besar terhadap kostum yang dikenakan.

“Alur cerita itu sebenarnya ada pada peran-peran yang dimainkan. Kemudian peran dari tokoh-tokoh tersebut berpengaruh terhadapa kostum yang dipakai. Belum lagi figur maupun gesture dari pemain juga mempengaruhi pembuatan kostum tersebut,” tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini