Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Mentah

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 05 Desember 2014 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 05 481 1075044 makanan-yang-tidak-boleh-dimakan-mentah-L20P7YpLiD.jpg Makanan ini tidak boleh dimakan mentah (Foto: Boldsky)
MESKIPUN beberapa buah dari tanaman tertentu lebih baik dimakan mentah, tidak semua demikian. Meskipun ada yang jarang dimakan mentah, namun beberapa umbi-umbian, bahkan kacang-kacangan ada yang berbahaya jika dikonsumsi mentah.

Mengonsumsi makanan yang tidak dimasak, memang berbahaya karena parasit dan bakteri yang dapat merusak sistem pencernaan Anda. Namun di sisi lain, ada makanan yang mengandung racun, sehingga perlu dimasak dari atas suhu tinggi seperti makanan berikut, dilansir Boldsky, Jumat (5/12/2014).

Terong

Terong mengandung senyawa yang disebut solanin. Karakteristik dari keracunan solanin berhubungan dengan syaraf dan masalah perut, seperti gejala muntah, kram perut, pusing, dan diare. Oleh karena itu, jangan pernah mengonsumsi terong mentah.

Kentang

Warna hijau pada kulit kentang mengandung solanin dan toksin chaconine yang tinggi, yang bahkan bisa membunuh Anda. Kentang yang berwarna hijau tidak boleh dimakan mentah dan lebih baik lagi jika Anda menghindari kentang yang kulitnya sudah berwarna kehijauan.

Kacang koro

Kacang-kacangan seperti kacang koro dan kacang lima adalah makanan yang berbahaya jika dikonsumsi mentah. Mereka mengandung glikosida sianogen yang merupakan asam amino beracun. Untuk menghapus racun ini dari sayuran itu penting bagi Anda untuk merendam mereka sebelum dikonsumsi.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini