nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merokok Dapat Menghapus Kromosom Y dari Sel

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 08 Desember 2014 20:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 08 481 1076232 merokok-dapat-menghapus-kromosom-y-dari-sel-hWrBBPs4Ad.jpg Merokok dapat menghapus kromosom Y dari sel (Foto: Shutterstock)

PARA ahli kini telah menemukan isu baru untuk kampanye anti-merokok yang ditargetkan untuk pria. Penemuan itu mengatakan bahwa merokok dapat menghapus kromosom Y yang menentukan maskulinitas genetik.

Awal tahun ini, tim yang dipimpin oleh Lars Fosberg dan Jan P. Dumanski dari Uppsala University, seperti dilansir IFLScience, Senin (8/12/2014), menangani pertanyaan tentang mengapa laki-laki mengembangkan lebih banyak kanker (termasuk yang mematikan) yang tidak berhubungan dengan organ reproduksi.

Fosberg dan Dumanski menemukan bahwa hilangnya kromosom Y dari sel-sel darah terjadi pada 8,2 persen dari laki-laki lanjut usia pada lebih dari 1153 peserta penelitian, yang juga memiliki harapan hidup 5,5 persen lebih pendek dan tingkat kanker 3,5 kali lebih tinggi. Kondisi tersebut ternyata ditemukan dari mereka yang memiliki kebiasaan merokok.

Bungkus rokok yang sudah dihiasi gambar seram (Foto: Okezone)

Selain kebiasaan merokok, olahraga, diabetes, indeks masa tubuh, dan asupan alkohol, juga ditinjau. Namun, hanya merokok yang secara signifikan meningkatkan kehilangan kromosom Y sebanyak 2,4-4,3 kali dalam tiga kohort terpisah yang berusia antara 48-93 tahun.

Salah satu kabar baiknya adalah, efek besar tersebut berkurang, atau bahkan berhenti. Saat perokok berhenti merokok, terjadi proses kebalikan. Hal ini sesuai dengan penelitian yang menemukan bahwa kondisi perokok yang berhenti di usia 25-34 tahun, hampir sama dengan orang-orang yang tidak pernah merokok.

Satu tes menunjukkan kehilangan kromosom Y, menyebabkan pengaruh signifikan dalam menurunnya fungsi sel bagi sistem kekebalan tubuh, dengan gagasan konsisten dari peneliti bahwa kromosom Y memiliki peran berkelanjutan dalam memerangi tumor. (yac)


(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini