Tips Hindari Keracunan Makanan

Irwina Istiqomah, Jurnalis · Selasa 09 Desember 2014 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 09 298 1076847 tips-hindari-keracunan-makanan-s65cwKl42h.jpg Tips hindari keracunan makanan (Foto: Televiziunea-medicala)

APAKAH Anda pernah mengalami keracunan makanan? Seperti dilansir Thedailymeal, berikut ini tips yang perlu diingat agar terhindar dari keracunan makanan.

Cuci tangan

Selalu mencuci tangan sebelum makan karena jika tidak, akan banyak kuman yang bisa masuk ke dalam mulut Anda. Berhati-hatilah jika Anda sudah berhadapan dengan makanan. Cuci tangan sebelum Anda menyentuh makanan apa pun.

Cuci talenan

Jika Anda telah memotong daging mentah di talenan, Anda harus mencuci talenan tersebut saat Anda ingin memotong sayuran atau buah. Cuci talenan itu dengan sabun dan gunakan air panas.

Masak daging hingga matang

Pastikan bahwa semua daging dimasak sampai 73 derajat Celcius dan ikan dimasak 62 derajat Celcius. Dan jika Anda akan memasak steak, Anda bisa masak sampai 71 derajat Celcius.

Jangan simpan daging lebih dari dua hari

Daging mentah jauh lebih rentan terhadap serangan bakteri dan virus daripada daging yang sudah dimasak. Apalagi jika terlalu lama di lemari es. Belilah daging di hari Anda benar-benar ingin memasaknya dan jangan menyimpan daging di lemari es lebih dari dua hari.

Minum air matang

Jangan pernah minum air dari sumur, sungai, atau sumber lain yang belum diolah dalam beberapa cara seperti klorinasi.

Perhatikan segel

Paparan udara adalah musuh penyimpanan makanan. Jika segel rusak atau kaleng penyok, itu pertanda bahwa sudah terkontaminasi udara. Hal ini bisa menjadi tanda aktivitas bakteri yang merajalela di dalam kaleng.

Masak makanan beku

Ada alasan mengapa makanan beku selalu menunjukkan waktu memasak di kemasannya. Makanan beku perlu dimasak secara menyeluruh sebelum disajikan. Pastikan makanan beku dimasak dengan suhu panas yang ditentukan. (yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini