Share

Benarkah Kopi Bisa Cegah Balita Kejang-Kejang?

Renny Sundayani, Jurnalis · Selasa 09 Desember 2014 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 09 481 1076628 benarkah-kopi-bisa-cegah-balita-kejang-kejang-Z4gwuNkaGs.jpg
KEBIASAAN memberi kopi kepada anak sudah melekat dan menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat. Tapi benarkah memberikan kopi ke balita bisa mencegah kejang pada anak?
 

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa kopi dapat menurunkan risiko kejang. Penelitian yang sudah ada, malah menunjukkan efek sebaliknya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Neurologi, Universitas Negeri Campinas menemukan bahwa konsumsi kopi berlebihan dapat meningkatkan risiko kejang pada pasien epilepsi.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh dr Anita Amalia Sari saat live chat di klikdokter kepada Okezone, Selasa, (9/12/2014). Menurutnya, belum pernah ada penelitian mengenai kopi ampuh mencegah balita kejang-kejang

"Untuk hal tersebut tidak pernah ada penelitiannya. Dan tidak pernah ditulis di buku kedokteran, jadi saya pun tidak merekomendasikannya," bebernya.

Menurut dr Anita selaku Anggota Redaksi Medis Klikdokter.com, ia sangat tidak menganjurkan pemberian kopi kepada anak-anak, karena berbahaya bagi jantung dan lambung si balita.

"Saya tidak menganjurkan pemberian kopi untuk anak-anak. Kadar kafeinnya sangat tinggi, bisa membuat jantung berdebar, hingga luka pada lambung, serta ada kafein yang tinggi bisa merusak pembuluh darah jantung," tambahnya.

Penyebab kejang pada anak, lanjutnya seringkali adalah demam tinggi, terutama hingga anak berusia lima tahun.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini