Pewarnaan Bukan Penyebab Rambut Rusak

Dwiyasista, Jurnalis · Rabu 10 Desember 2014 22:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 10 194 1077582 pewarnaan-bukan-penyebab-rambut-rusak-wCYGCHb7QH.jpg Pewarnaan bukan penyebab rambut rusak (Foto: Sista/Okezone)

SEBAGIAN orang menganggap bahwa pewarnaan dapat membuat rambut menjadi rusak. Ternyata, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, tetapi bagaimana treatment yang dilakukan setelah proses pewarnaan.

Rudy Hadisuwarno, seorang penata rambut kenamaan Indonesia memaparkan, faktor utama penyebab rambut rusak adalah tidak adanya perawatan yang tepat.

“Mewarnai rambut itu tidak selalu merusak rambut. Tapi perhatian yang kurang terhadap perawatan rambut setelah diwarnai itulah yang membuat rambut menjadi rusak, seperti kering, bercabang, rontok, bahkan kebotakan,” tuturnya kepada Okezone di Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Menurutnya, seseorang harus mengetahui konsekuensi yang harus diterimanya saat sudah memutuskan untuk mengubah warna rambutnya menggunakan bahan kimia.

“Jika ingin mewarnai rambut, perawatannya juga harus benar. Jangan ingin tampil beda, tapi setelah keluar dari salon, rambutnya dibiarkan begitu saja. Itu sama saja seperti merelakan rambut untuk rusak,” jelasnya.

Kendati demikian, Rudy menjelaskan langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut setelah melakukan proses pewarnaan.

“Langkahnya sederhana. Pertama, rutin mencuci rambut dengan sampo khusus untuk rambut berwarna dua hari sekali. Kedua, berikan kondisioner yang cocok dengan kondisi rambut. Setelah kondisioner, langkah terakhir yaitu memberikan hair tonic untuk memperkuat akar rambut,” tambah Rudy.

Tiga langkah tersebut merupakan perawatan harian yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Sedikit informasi, pemberian sampo khusus rambut berwarna berfungsi untuk membersihkan rambut dari kotoran dan menjaga warna agar tetap berkilau, sementara kondisioner berfungsi untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Selanjutnya, ada perawatan tambahan yang dapat dilakukan setiap pekan, yakni creambath dan hair mask.

“Creambath dan hair mask itu perawatan untuk memperbaiki kondisi rambut yang kurang baik. Ada baiknya dilakukan untuk menjaga rambut tetap lembut,” tutup Rudy.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini