Vaksin Cacar Tidak Cukup Cegah Herpes Zoster

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 10 Desember 2014 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 10 481 1077511 vaksin-cacar-tidak-cukup-cegah-herpes-zoster-GylQUrDbBP.jpg Vaksin cacar tak bisa cegah herpes zoster (Foto: Thehealthysite)

SAAT Anda masih anak-anak, apakah Anda pernah diberi vaksinasi cacar? Cacar adalah penyakit umum yang dapat menjangkit 90 persen manusia. Ini disebabkan oleh virus varicella yang juga menjadi penyebab dari Herpes zoster.

Penelitian menyebutkan bahwa, satu dari tiga orang yang pernah terinfeksi virus penyebab cacar dapat menderita Herpes zoster (HZ). HZ merupakan penyakit kulit akibat infeksi virus varicella yang dapat terjadi bila virus cacar tidak tuntas dibersihkan dan dorman dalam ganglion saraf tubuh.

Vaksin varicella dapat mencegah infeksi virus cacar, namun tidak dengan HZ. Dr. Vinci, Medical Affairs Manager MSD Indonesia, mengatakan bahwa HZ hanya dapat dicegah dengan vaksin Herpes zoster. Walaupun sama-sama mengandung protein virus tidak hidup, namun kekuatan vaksin untuk HZ berbeda dari yang dikandung vaksin cacar.

“Walaupun sama, potensi mengobati dari vaksin HZ 14 kali lipat dibanding vaksin varicella yang diberikan kepada anak-anak. Selain itu, dari data keamanan dan imunogenitasnya hanya untuk pasien berumur sekitar 50 tahun ke atas,” jelasnya dalam diskusi bertema “Herpes Zoster pada Mata”, di The Landmark Building, Sudirman, Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Mengenai vaksin HZ, yang baru dikembangkan kurang dari satu dekade belakangan ini, orang berusia sekitar 50 tahun direkomendasikan untuk melakukan vaksinasi ini sekali seumur hidup. Saat ini, vaksin HZ telah tersedia di rumah sakit-rumah sakit, dengan biaya Rp1,8 - 2 juta.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini