Bacem Ternyata Bukan Sekadar Makanan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 11 Desember 2014 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 11 298 1078030 bacem-ternyata-bukan-sekadar-makanan-1wn97kM3Wh.jpg Bacem bukan sekadar makanan, tapi proses memasak (Foto: Resepcaramasak)
HIDANGAN khas Nusantara, seperti bacem, tak diragukan lagi kepopulerannya. Meski berasal dari ranah Jawa, bacem sudah sangat dikenal di beberapa daerah Indonesia.
 
Seperti dituturkan pakar kuliner Indonesia, Odilia Winneke, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bacem merupakan satu kata kerja. Bacem berarti merendam aneka makanan, seperti tahu, tempe, ayam, dan lainnya dengan bumbu dan merebusnya dalam tempat yang tertutup sampai airnya habis.
 
Teknik memasak ini sudah dikenal luas dalam khasanah kuliner Nusantara. Khususnya di daerah Jawa, yang memiliki ragam hidangan dengan teknik bacem.
 
"Bacem bukan sekadar bentuk makanan, tapi sudah menceritakan tentang suatu proses bagaimana makanan bacem dibuat. Ini sudah sangat populer, bahwa bacem berasal dari Jawa, khususnya Jawa Tengah," kata Odilia Winneke di Restoran Kembang Goela, Plaza Sentral Sudirman, Jakarta, Kamis (11/12/2014).
 
Contohnya, saat Odilia berburu kuliner di daerah Sumatera. Ia menemukan makanan dan bertanya pada penjualnya, "Makanan ini diapakan?". Penjual menyebut bacem. Setelah bertanya lebih dalam, terungkap bahwa si penjual memang punya garis keturunan Jawa.
 
"Bacem memang berasal dari Jawa, khususnya Jawa Tengah," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini