Terkuak Mengapa Bacem Punya Rasa Manis

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 12 Desember 2014 05:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 11 298 1078070 terkuak-mengapa-bacem-punya-rasa-manis-0dmJDSw6BB.jpg Gula murah, bacem pun terasa manis (Foto: Dailycookingquest)
BACEM memiliki rasa khas, yakni bacem. Ada alasan mengapa bacem terasa demikian.
 
Bacem punya cita rasa manis yang kuat karena bumbunya lebih dominan gula. Gula bisa menjadi dominan karena di abad 19, tanam paksa di daerah Jawa adalah tebu, bahan utama gula. Sementara, harga rempah pada saat itu sangat mahal.
 
Menurut pengamat kuliner Indonesia, Odilia Winneke, sejak itu berbagai makanan Jawa identik dengan rasa manis dan sedikit rempah. Saat harga bumbu yang tersedia cenderung mahal, maka gula dipakai dalam mengolah makanan.
 
"Dalam membuat bacem dasar, bumbunya adalah ketumbar, bawang merah, bawang putih, dan gula aren karena harga rempah mahal," kata Odilia Winneke di Restoran Kembang Goela, Plaza Sentral Sudirman, Jakarta, Kamis 11 Desember 2014.
 
Kini, hidangan bacem sudah sangat terkenal di berbagai daerah. Yang membedakan, jika di luar Jawa hanya ditambahkan cabai agar rasanya sedikit pedas.
 
"Ketumbar dan gula yang paling murah. Karena itu, lebih banyak menggunakan gula dan ketumbar sebagai bahan pembuat bacem," tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini