nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

50 Persen Infertilitas Disebabkan Pria

Renny Sundayani, Jurnalis · Kamis 11 Desember 2014 13:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 11 481 1077816 50-persen-infertilitas-disebabkan-pria-19IjK1miMZ.jpg 50 persen infertilitas disebabkan pria (Foto: Shuitterstock)

SETIAP pasangan suami istri (pasutri) pasti ingin memiliki keturunan. Namun pasangan sering merasa khawatir ketika satu tahun belum memiliki anak.

Pasutri dikatakan mengalami infertilitas (tidak subur), bila sudah melakukan senggama secara teratur selama lebih dari satu tahun tanpa kontrasepsi, namun belum memiliki keturunan.

Menurut dr Ponco Birowo PhD DpU, sebanyak 25 persen pasutri tidak dapat menghasilkan keturunan setelah satu tahun berhubungan seksual secara rutin, tanpa alat kontrasepsi.

"Sebanyak 50 persen penyebab infertilitas adalah pria. Kadang kesuburan yang paling sering disalahkan adalah wanita, tapi banyak kasus pria yang bermasalah," ungkap dr Ponco dalam acara "Gangguan Urologi, Jangan Malu Periksa ke Dokter" di RSU Bunda Jakarta, Menteng, Kamis (11/12/2014).

Menurut dr Ponco yang juga sebagai staf pengajar Divisi Urologi mengatakan, penyebab infertilitas pada pria, sebagian besar tidak diketahui (idiopatik) atau sebanyak 30 persen, varikokel 14.8 persen, hormon rendah 10,1 persen, kelainan bawaan berupa testis tidak turun 8,4 persen, keganasaan atau tumor 7,8 persen, dan sumbatan saluran sperma vas deferens 2,2 persen.

"Gaya hidup yang memperburuk kualitas sperma di antaranya, merokok, memakai celana ketat, kurang olahraga, pekerjaan yang berhubungan dengan panas, misalnya koki, bekerja di mesin, dan sering memangku laptop," pungkasnya. (yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini