Tungau Binatang Jahat Pemicu Alergi

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 17 Desember 2014 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 17 481 1080548 tungau-binatang-jahat-pemicu-alergi-YbkhFFOEg4.jpg Tungau binatang jahat pemicu alergi (Foto: 24hrpestcontrol)

DEBU dapat menjadi pemicu utama alergi pada kulit. Tapi tahukah Anda, ternyata di dalam gumpalan debu tersebut hidup sekelompok binatang jahat yang disebut tungau.

Dr. dr. Iris Rengganis, SpPd - KAI selaku spesialis alergi dan imunologi mengatakan, reaksi alergi dapat menyerang saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan kulit seseorang.

“Tungau tinggalnya bersatu di dalam debu. Sehingga bisa menyebabkan alergi yang membuat seseorang bersin atau gatal,” ujar dr Iris di sela-sela acara Rumah Inovasi Philips Care Without Limit di Jakarta, Rabu (17/12/2014).

Ukuran tungau, lanjut dr. Iris, memang tidak bisa dilihat oleh mata secara langsung. Pasalnya, binatang ini sangat kecil, hanya berukuran 0,1-0,3 mm.

Namun rupanya binatang ini juga tidak hanya bersarang di bagian sudut rumah. Bisa saja si tungau bersarang di kamar tidur, terutama pada kasur dan gorden jendela.

Cara untuk mencegahnya sangat mudah. Kuncinya, setiap hari kita wajib membersihkan rumah dari segala jenis debu agar terbebas dari tungau.

“Mencegahnya mudah. Kebersihan rumah harus terjaga dengan membersihkan debu dengan penyedot debu, mencuci, dan mengganti seprai seminggu sekali, atau menghindari barang-barang yang gampang terkena debu,” tutupnya. (yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini