Kelam Hitam Hati Ivan Gunawan di Balik "Kedjora"

Risma Damayanti, Jurnalis · Kamis 18 Desember 2014 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 18 194 1081136 kelam-hitam-hati-ivan-gunawan-di-balik-kedjora-NUmgx5p9Af.jpg Ivan Gunawan mengusung tema "Kedjora" di I Fashion Festival 2014 (Foto: Heru/Okezone)
DESAINER sekaligus artis Indonesia, Ivan Gunawan, menyuguhkan tema rancangan "Kedjora" pada perhelatan I Fashion Festival 2014. Dia mengungkap arti di balik tema tersebut.
 
Sebenarnya, nama "Kedjora" menggambarkan suasana hati Ivan Gunawan saat dirinya tengah diselimuti rasa galau. Ketika itu, keponakan desainer Adjie Notonegoro ini hanya bisa mencurahkan isi hatinya yang kelam kepada sang bintang, yakni bintang kedjora.
 
“Tema ini menggambarkan suasana hati karena memang kelam enggak bisa cerita ke siapa-siapa, hanya bisa bercerita kepada bintang kedjora,” kata Ivan saat ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, baru-baru ini.
 
Tema "Kedjora" bukan kali pertama disuguhkan Ivan Gunawan lewat pergelaran busana. Ivan sudah sempat menyajikannya pada Jakarta Fashion Week Fashion 2015 dan Fashion Tendance APPMI Bali 2015. Ivan kembali menghadirkan rancangan busana dengan tema sama di pergelaran I Fashion Festival 2015 besutan MNC Channel.
 
Namun, dibandingkan koleksi pada pergelaran busana sebelumnya, tetap ada yang beda dari koleksi Ivan di gelaran I Fashion Festival 2014. Bila sebelumnya Ivan masih menghadirkan koleksi dengan nuansa warna merah, kini hanya hitam nan elegan.
 
Koleksinya bernuansa romantis sekaligus 'dingin' seperti terlihat dari penggunaan bahan tulle dan aksen bulu. Bagi desainer yang telah berkarya 10 tahun di industri fesyen Tanah Air ini, bahan tulle bukan saja menjadi material yang menyiratkan keseksian, juga bagian dari perasaannya yang tengah galau.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini