Buku & Internet Sahabat Terbaik Desainer Termuda Indonesia

Dwiyasista, Jurnalis · Sabtu 20 Desember 2014 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 20 194 1081923 buku-internet-sahabat-terbaik-desainer-termuda-indonesia-hCy0VygXTa.jpg Buku & internet sahabat terbaik desainer termuda Indonesia (Foto: Gopixpic)

MENJADI desainer bisa dilakukan secara otodidak. Hal inipula yang dilakukan Rafi Ridwan, desainer termuda di Indonesia.

“Kami, orangtuanya pun tidak mengerti fesyen sama sekali. Sejak Rafi kecil, saya ingin sekali Rafi punya guru menggambar, tetapi kalau kita flashback 10 tahun lalu, tidak ada orang yang mau mengajar anak berkebutuhan khusus. Mereka masih menggunakan cara konvensional, di mana mengajar itu adalah melalui mendengar,” kata Shinta Ayu Handayani, ibunda Rafi, kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.

Menurut Shinta, sebagai anak yang terlahir tidak bisa mendengar atau tunarungu, Rafi lebih banyak berkomunikasi melalui visual.

“Memang dari kecil, cara Rafi berkomunikasi dengan kami melalui media gambar, anak-anak tunarungu adalah pemata, jadi mereka melihat saja. Mereka mengamati, melihat, dan mencontoh. Melalui cara itu juga, Rafi banyak mendapatkan pembelajaran tentang sebuah desain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rafi selama ini hanya belajar dari buku dan internet. Bahkan, dari sana lah dia juga kerap mendapatkan inspirasi dalam mendesain.

“Hingga kini, guru terbaik Rafi adalah buku dan internet. Rafi juga senang sekali jalan-jalan untuk mendapatkan inspirasi menggambarnya,” tutupnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini