nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasoami Makanan Khas Wakatobi

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 21 Desember 2014 17:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 21 298 1082172 kasoami-makanan-khas-wakatobi-CbkirFbaIh.jpg Kasoami makanan khas Wakatobi (Foto: Imakabmks)

TIDAK hanya keindahan wisata bahari yang disuguhkan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tapi, kuliner khas Wakatobi yang wajib dicoba ketika datang ke tempat ini.

Salah satunya adalah Kasoami. Panganan ini merupakan makanan pokok tradisional yang paling populer di Wakatobi, Sulawesi tenggara. Terbuat dari ubi jalar dan bentuknya beragam. Ada yang kerucut, ada juga yang gepeng.

"Kasoami biasanya dikenal bentuknya mengerucut. Tapi kalau kasoami pepe, itu yang gepeng karena digeprek, bentuknya jadi pipih," jelas Ir. Hugua, Bupati Wakatobi kepada Okezone di kantor Redaksi, Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta, belum lama ini.

Menurut Hugua, kasoami adalah makanan pokok pengganti nasi. Namun, kini kasoami bisa dijadikan cemilan menikmati indahnya matahari terbenam bersama teh atau kopi. Bukan hanya warga lokal saja, turis asing juga menyukai hidangan ini.

Lebih lanjut, kasoami ini ternyata zaman dulu biasa dibawa para nelayan saat hendak mencari ikan di laut.

"Kasoami diberi minyak, makanya bisa awet, dan tahan lama bisa sampai satu bulan. Karena itu zaman dulu kasoami sering jadi bekal nelayan kalau berlayar di laut," pungkasnya. (yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini