Natal Kenakan Gaun Hitam Sah-Sah Saja

Evi Elfira, Jurnalis · Senin 22 Desember 2014 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 22 194 1082640 natal-kenakan-gaun-hitam-sah-sah-saja-3Jc1p1Qrl7.jpg Gaun hitam bahan satin membuat Anda terlihat menarik saat Natal (Foto: Huffingtonpost)
UMUMNYA perayaan Natal dimeriahkan dengan busana berwarna klasik. Menurut desainer ternama Musa Widyatmodjo, sah-sah saja jika seseorang mengenakan gaun hitam saat Natal, namun dengan tips padu padannya yang tepat.
 
Natal sendiri identik dengan warna merah, hijau, putih, serta emas dalam berbagai pernak-perniknya, termasuk berbusana. Tidak melulu busana dengan warna demikian, hitam pun sah-sah saja dikenakan.
 
“Gaun hitam saat Natal boleh saja, meskipun warna Natal umumnya merah, merah marun, hijau, putih, dan emas,” katanya saat dihubungi Okezone, Senin (22/12/2014).
 
Sebelumnya, hitam identik dengan kesan suram atau keadaan berduka. Kini, tambah Musa, warna tersebut sudah dipandang berbeda. Terlihat dengan semakin banyaknya orang mengenakan balutan busana hitam.
 
Pakaian hitam, sambung Musa, akan terlihat lebih menarik dengan pemakaian aksesori tertentu, seperti tas, ikat pinggang, dan scarf dalam nuansa warna-warna Natal.
 
“Seandainya ingin memakai warna kombinasi, katakanlah oranye atau pink, saya rasa aman saja,” imbuh pemilik brand M by Musa ini.
 
Khusus untuk perempuan bertubuh gemuk, penggunaan aksesori berupa kalung disarankan berbentuk panjang agar leher terlihat jenjang. Penggunaan gaun hitam bagi si tubuh gemuk pun harus mempertimbangkan pemilihan bahan.
 
“Hindari bahan yang berkilau dan tipis seperti satin. Kalau teknik pola atau jahitnya tidak baik, orang gemuk saat memakainya akan terlihat tambah gemuk. Menjahit bahan satin yang mengilap untuk dibuat gaun pas badan, apalagi bentuk tubuh berlekuk-lekuk, tidaklah mudah,” jelas penasihat Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) ini.
 
Musa menambahkan bahwa potongan klasik serta pas badan sangat tepat untuk si tubuh gemuk. Jika pemilik tubuh gemuk ingin mengenakan gaun hitam saat Natal, pilih potongan princess atau vertikal untuk kesan tubuh lebih ramping. Sementara untuk si mungil, pilih potongan gaun yang membuat tubuhnya terlihat lebih bervolume dan kini sedang tren, seperti A-line, klok, dan bawahan berkerut. Selain itu, bisa juga memakai gaya tumpuk.
 
Menurutnya, gaun hitam juga dapat terlihat menarik dikenakan perempuan tomboi atau bergaya sporty. Dengan model yang sederhana, mereka juga akan tetap bebas bergerak.
 
“Kalau yang tomboi, saya menyarankan pemakaian gaun sederhana dan klasik, tidak perlu terlalu feminin seperti berenda-renda. Potongannya juga tidak terlalu lebar ataupun panjang. Little black dress lebih cocok untuk orang-orang sporty,” tutup desainer supel ini.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini