nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bakteri di Perut Pengaruhi Kehilangan Berat Badan

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 23 Desember 2014 19:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 23 481 1083092 bakteri-di-perut-pengaruhi-kehilangan-berat-badan-boJv3Y8AZl.jpg Bakteri pengaruhi berat badan (Foto: Healthmeup)

GENETIK adalah penentu apakah tubuh Anda gemuk atau kurus. Namun sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal cell, menunjukkan bahwa beberapa bakteri yang berkembang dalam tubuh kita mempengaruhi kehilangan berat badan kita.

Para peneliti di King College London dan Universitas Cornell telah menemui keluarga yang miliki bakteri tertentu, yang hanya ditemui pada orang dengan berat badan rendah. Ketika ditransplantasikan ke tikus, mikroba ini juga mampu mempertahankan berat badan.

Sebagaimana dilansir dari Healthmeup, Selasa (23/12/2014), hasil penelitian ini dikatakan bisa membantu mengembangkan terapi probiotik pribadi yang dapat mengurangi risiko obesitas berdasarkan genetik seseorang.

Kelimpahan mikroba ini dipengaruhi oleh gen seseorang, karena mereka diwariskan. Penelitian sebelumnya juga telah mengaitkan variasi genetik dan bakteri usus untuk penyakit terkait obesitas. Dalam studi tersebut, peneliti menganalisis gen sampel mikroba usus dari 416 pasang saudara kembar.

Kelimpahan jenis bakteri tertentu yang ditemukan lebih dapat dibandingkan pada kembar identik, yang 100 persen gennya sama, daripada kembar non-identik. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa gen tersebut adalah komposisi mikroba usus kita.

Studi ini menunjukkan bahwa anggota keluarga ini mikroba yang mempromosikan kesehatan ini lebih banyak pada orang dengan berat badan rendah dibandingkan pada orang obesitas. Profesor Tim Spector, Kepala Departemen Twin Research and Genetic Epidemiology di King College London, mengatakan itu semua dipengaruhi oleh gen kita.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini