Image

Berteriak pada Anak Pengaruhi Tumbuh Kembang

Wilda Fitria, Jurnalis · Kamis 25 Desember 2014 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 25 196 1083911 berteriak-pada-anak-pengaruhi-tumbuh-kembang-mYbEBWeD3k.jpg Orangtua tidak boleh teriak pada anak (Foto: Boldsky)

SAAT habis kesabaran menghadapi anak-anak, orangtua kerap berteriak pada mereka. Rupanya, Anda harus berhati-hati pada kebiasaan tersebut.

Kebiasaan berteriak pada anak bisa memengaruhi tumbuh kembangnya. Berikut ulasan lebih lengkap sebagaimana dilansir Boldsky, Kamis (25/12/2014).

Emosional

Berteriak dapat memengaruhi perkembangan emosional mereka. Anak membutuhkan dorongan positif yang membantu mereka percaya bisa berhasil dalam hidup mereka. Hal ini juga memberi mereka kesempatan untuk mengeksplorasi dan mencoba hal-hal baru. Berteriak tidak akan membantu sama sekali, karena hanya akan menekan perkembangan anak.

Melindungi

Meski orangtua merasa mereka melindungi mereka setiap saat, anak akan merasa tidak aman ketika mereka diteriaki, dan ini bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Anak akan sulit menikmati kehadiran orangtuanya jika Anda senang berteriak pada mereka.

Pendengar yang buruk

Seseorang perlu menjadi pendengar yang baik. Mereka juga perlu belajar memberi orang lain kesempatan untuk berbicara. Ketika seorang anak tumbuh dengan orangtua yang kerap berteriak, bersiaplah, hal ini tidak akan terjadi. Saat orangtua berteriak sepanjang waktu, mereka akan belajar hal yang sama. Hasilnya, secara alamiah mereka tidak akan mendengarkan siapa pun.

Kepercayaan diri

Kepercayaan anak dibangun oleh orangtua. Kata-kata yang digunakan saat berteriak sangat bisa memengaruhi mereka. Mereka tidak akan mau melakukan apa pun, tanpa meminta persetujuan orangtuanya. Harga diri anak juga dipertaruhkan di sini. Hal ini bisa membuat mereka tak percaya diri.

Masalah perilaku

Anak yang hidup dengan teriakan dalam jangka waktu yang lama, tidak akan mampu berperilaku baik. Ini dapat memengaruhi kehidupan pribadi dan sosialnya. Sekolah dan guru harus bekerja ekstra keras untuk membantu anak seperti ini.

Anak-anak memang sering melakukan sesuatu yang membuat orangtua jengkel. Biarkan mereka bebas, tetapi disertai dengan pemberian arahan yang tepat, sehingga anda bisa menghindari berteriak pada mereka.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini