Pria Berpendidikan dan Kaya Diklaim Jadi Pecandu Alkohol

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 25 Desember 2014 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 25 481 1083805 pria-berpendidikan-dan-kaya-diklaim-jadi-pecandu-alkohol-R3kxPeHUH3.jpg Pria berpendidikan dan kaya diklaim jadi pecandu alkohol (Foto: Theatlantic)

PENELITI mengungkapkan bahwa pria kaya, berpendidikan tinggi, dan lajang, di kemudian hari diklaim menjadi seorang pecandu berat minuman beralkohol. Kenapa demikian?

Para akademisi dari Keele University menemukan hasil penelitian tentang kebiasaan meminum alkohol yang diikuti oleh 4.500 responden pria dan wanita sepanjang satu dekade. Hasilnya, pria cenderung menjadi peminum berat di saat usianya bertambah.

Alasannya, ungkap peneliti, semakin tinggi gelar pendidikan dan banyak uang, alias kaya, seseorang cenderung tidak memikirkan kesehatan. Dia lebih memilih hidup foya-foya di dunia, dengan menenggak alkohol dua kali lipat dari sebelumnya.

"Temuan kami menunjukkan bahwa kelompok yang paling berisiko dari minum berat di kemudian hari adalah pria lajang tua dengan tingkat pendidikan yang tinggi dan kaya raya. Namun asumsi ini tidak mengarah kepada penyalahgunaan alkohol,” ujar Profesor Geografi Sosial Clare Holdsworth, seperti dikutip Telegraph.

Sementara itu, lanjutnya, wanita yang semakin bertambah usia, 16 persen lebih ingin mengurangi minuman alkohol. Mereka masih memikirkan risiko bahaya kandungan alkohol yang mengancam kesehatan. (yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini