Ini Cara Alami Menjaga Kualitas Sperma

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 01 Januari 2015 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 31 481 1086376 ini-cara-alami-menjaga-kualitas-sperma-VsM76XZ10a.jpg Ini cara alami menjaga kualitas sperma (Foto: Shutterstock)

KAUM pria jarang sekali memperhatikan kualitas sperma. Padahal, bahayanya bisa mengarah ke kemandulan.

Namun, sperma yang sehat tidak hanya ditentukan dengan jumlah sperma yang dihasilkan seorang pria. Berikut ini tiga cara alamiah menjaga kualitas sperma, seperti dikutip Medicaldaily, Kamis (1/1/2015).

Tidur cukup

Selain untuk menjaga kualitas sperma, tidur cukup sangat disarankan untuk mengurangi risiko. Sebuah penelitian dari University of Southern Denmark menganalisis pola tidur 953 laki-laki Denmark berusia 20 tahun. Pria yang melaporkan kurang tidur atau mengalami gangguan tidur, rata-rata memiliki jumlah sperma dan kadar testosteron yang rendah, serta ukuran Mr P yang lebih kecil dibandingkan pria yang mendapatkan tidur cukup setiap harinya.

Jangan tidur dengan gadget

Segala macam jenis gadget akan memengaruhi kesehatan seseorang. Sebuah penelitan yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menunjukkan hubungan antara koneksi WiFi dengan kesuburan pria.

Peneliti dari Argentina ini mengumpulkan 29 sampel sperma dari pria sehat yang rutin meletakkan laptop terkoneksi WiFi di pangkuan mereka selama kurun waktu empat jam. Rupanya, radiasi yang dipancarkan dari koneksi WiFi bisa menyebabkan kerusakan DNA dan sperma tidak sehat.

Pakai celana antiradiasi

Di negara Barat, sudah ada celana antiradiasi yang dijual di pasaran. Fungsinya untuk menjaga organ intim pria dari gangguan radiasi bahaya. Bahkan, setelah dilakukan pengujian oleh FCC -sebuah laboratorium independen bersertifikat- dikonfirmasi bahwa boxer RadiaShield ini 99,9 persen efektif menjaga kualitas, kuantitas, dan gerakan sperma Anda. (yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini