Share

Cara Bersihkan Alat Pemanggang

Dinno Baskoro, Okezone · Kamis 01 Januari 2015 19:20 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 01 298 1086754 cara-bersihkan-alat-pemanggang-Bi7t6o3cHL.jpg Cara bersihkan alat pemanggang (Foto: Uspto)

SETELAH merayakan Tahun Baru dengan berbagai menu barbekue, sering kali direpotkan dengan alat pemanggang yang kotor. Tumpahan bumbu, minyak, dan juga abu sisa bakaran sering kali masih menempel dan sulit untuk dihilangkan.

Perlu diketahui, membersihkan alat pemanggang setelah menggunakannya akan membuat alat pemanggang Anda awet. Sehingga tak perlu lagi terus membeli yang baru saat membutuhkannya. Ingin tahu bagaimana cara membersihkan sisa kotoran dalam alat pemanggang? Berikut ulasan lengkapnya, dilansir bbq.about, Kamis (1/1/2014).

Bersihkan tungku

Tungku dalam alat pemanggang (khususnya pemanggang arang) adalah hal yang pertama yang harus dibersihkan. Pasalnya, ini bagian yang paling kotor. Entah dari arang, maupun minyak dan bumbu yang mengerak di dalamnya. Untuk itu, buang semua abu yang masih tersisa hingga bersih. Kemudian oleskan sedikit minyak dan bersihkan menggunakan kain. Setidaknya dengan cara ini bisa mencegah alat pemanggang anda agar tidak berkarat.

Pemanggang arang

Hampir sama dengan cara di atas. Buang dulu abu atau arang yang masih tersisa. Kemudian sapu halus menggunakan sikat kawat, ini akan mempermudah pekerjaan Anda. Ambil air sabun dan cuci hingga bersih, lalu cepat keringkan.

Pemanggang gas

Langkah pertama sebelum membersihkan pemanggang yang menggunakan gas ini adalah dengan melepas semua selang gas, dan pisahkan. Kemudian angkat semua lapisan alat pemanggan. Bersihkan semua lapisan perbagian dengan air sabun hingga bersih. Jika terasa sulit, Anda bisa menggunakan sponge pencuci piring yang terbuat dari kawat halus. Setelah dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkan dan pasang kembali semua partikelnya dengan benar. Ikuti petunjuk yang terdapat dalam buku panduan. (yac)

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini