nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Miliar Orang Jadi Saksi Pergantian Tahun di Sydney

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 01 Januari 2015 10:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 01 406 1086550 satu-milyar-orang-jadi-saksi-pergantian-tahun-di-sydney-4keR7PWTEW.jpg Satu Milyar Orang Jadi saksi pergantian tahun di Sydney (Foto: Metro)

SEBANYAK satu milyar orang menyaksikan pesta kembang api spektakuler di pergantian tahun di Sydney.

Sydney menjadi salah satu kota pertama merayakan Tahun Baru 2015. Sebanyak tujuh ton kembang api dengan biaya 750 ribu Dollar Australia atau sekira Rp7,6 milyar menghiasi langit Sydney, disaksikan langsung jutaan orang Australia, baik dengan memadati pelabuhan maupun pusat kota.

Sebuah bola lampu melambangkan tema inspirasi Tahun Baru, menerangi jam berdentang di tengah malam. Pada perayaan Tahun Baru yang dilakukan di Jembatan Pelabuhan Sydney, Australia juga mengenang Tori Johnson dan Katrina Dawson, korban pengepungan di Sydney beberapa waktu lalu.

“Kami menjadi kota berkabung. Orang-orang dari Sydney menanggapi dengan cara yang mencerminkan siapa kita. Kita adalah warga yang multikultural, masyarakat ramah,” kata Clover Moore, walikota Sydney seperti dikutip Metro, Kamis (1/1/2015).

Sydney bergabung dengan Kepulauan Solomon, sebagian kota dari Rusia dan Selandia Baru yang pertama memasuki tahun 2015. Total biaya perayaan malam pergantian tahun dari lokasi-lokasi tersebut adalah 7,2 juta Dollar Australia atau sekira Rp73 milyar. Perayaan pesta kembang api tersebut disiarkan di televisi dan disaksikan oleh satu milyar orang di seluruh dunia.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini