nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelayaran ke Sabang Ditambah

Salman Mardira, Jurnalis · Kamis 01 Januari 2015 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 01 406 1086662 pelayaran-ke-sabang-dipertambah-5u7pFlguX6.jpg Pelayaran ke Sabang dipertambah (Foto: Salman Mardira/Okezone)

BANDA ACEH - Arus penumpang ke Sabang, Aceh meningkat drastis, banyak wisatawan yang ingin menghabiskan liburan tahun baru.

Trip pelayaran pun ditambah agar penumpang terangkut semua. Pantauan Okezone di Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheu, Banda Aceh, ratusan penumpang serta kendaraan antre menunggu keberangkatan, baik di ruang tunggu maupun di taman-taman pelabuhan.

Di loket pembelian tiket kapal cepat terlihat antrian panjang. Kepala Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheu, Teuku Naziruddin alias Ampon mengatakan arus penumpang meningkat tiga kali lipat dibanding biasanya yang rata-rata hanya sekira 250 hingga 300 orang.

"Hari ini sudah berangkat saja dari pagi tadi sudah 700, ini masih ada yang belum terangkut," katanya.

Banyaknya menumpang membuat armada pelayaran menambah trip penyeberangan dari biasanya dua trip sehari, menjadi tiga trip.

Untuk kapal fery BRR Aceh-Nias berangkat masing-masing pukul 09.00, 11.30 dan 16.00 WIB. Sementara kapal cepat Express Bahari juga berangkat tiga kali yakni pagi, siang, dan sore.

"Kalau sampai sore nanti masih ada penumpang yang belum terangkut, kami akan kordinasikan dengan syahbandar untuk penambahan pelayaran lagi nanti malam," ujar dia.

Menurutnya hari ini penumpang ke Sabang mayoritas warga luar Aceh, terutama Sumatera Utara. "Bisa dikatakan 80 persen penumpang berasal dari Sumatera Utara, mereka rata-rata ingin liburan ke Sabang," sebut Ampon.

Selain penumpang, lanjut dia, sepeda motor dan kendaraan roda empat banyak yang ingin menyeberang ke Sabang. Akibatnya kapal yang berlayar ke sana penuh baik kursi penumpang maupun lambung kapal.

Meri Ikhsan (23) seorang penumpang mengatakan, dirinya rela mengantri keberangkatan agar bisa liburan ke Sabang. "Saya sama keluarga, mau jalan-jalan ke Sabang, lagi libur," katanya.

Meri berencana akan menghabiskan beberapa hari di Pulau Weh, untuk berkunjung ke lokasi wisata favoritnya seperti Pantai Iboeh, Pulau Rubiah, dan Kilometer Nol. "Paling suka itu Pulau Rubiah, karena Rubiah sangat indah," ujar gadis ini. (jjs)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini