nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Langsing? Coba Makan Enam Kali Sehari

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 01 Januari 2015 12:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 01 481 1086612 ingin-langsing-coba-makan-enam-kali-sehari-k24chgLPsF.jpg Makan enam kali bikin langsing? (Foto: Magforwomen)

APA yang akan Anda lakukan bila ingin menurunkan berat badan? Makan dua kali sehari atau makan enam kali sehari? Diet untuk mengatur berat badan tidak terletak pada kuantitas, tetapi pada kualitas.

Dengan demikian, makan enam kali sehari bukan berarti Anda dapat bebas makan apa saja. Trik ini adalah untuk membuat Anda tetap makan makanan dalam porsi kecil yang tinggi serat, berprotein, berkarbohidrat, dan yang memiliki kandungan rendah lemak.

Ketika Anda makan setelah interval waktu yang panjang, tubuh Anda yang kelaparan akan mendorong keinginan untuk makan lebih banyak. Jika Anda makan dalam porsi kecil dalam waktu yang lebih banyak (katakanlah enam kali sehari), Anda akan lebih mudah menekan nafsu makan berlebih.

Berikut adalah cara bagaimana Anda dapat menurunkan berat badan dengan makan enam kali sehari, seperti dilansir dari Thehealthsite, Kamis (1/1/2015).

Sarapan

Jangan pernah berpikir untuk melewatkan sarapan dengan harapan untuk menurunkan berat badan. Pilihlah makanan sehat dengan nutrisi yang lengkap dan cukup untuk sarapan. Sarapan yang sehat membuat perut Anda kenyang dan membantu dalam memulai hari Anda dengan baik.

Buah-buahan untuk camilan menjelang siang

Sekalipun Anda sudah sarapan, wajar bila Anda merasa lapar sebelum makan siang. Mengonsumsi buah atau salad dapat meredam rasa lapar dengan makanan yang kaya nutrisi sehat.

Makan siang dengan porsi kecil

Banyak orang melakukan kesalahan saat makan siang. Melewatkan sarapan sering membuat orang tidak dapat menahan nafsu makan di siang hari. Makan makanan padat kalori di siang baik, namun sebaiknya kurangi porsinya.

Camilan sehat di sore hari

Mengemil itu sehat bila Anda dapat memilih camilan yang tepat. Jika Anda bosan dengan buah, Anda bisa coba camilan lain seperti biskuit sehat dengan secangkir teh. Makan perlahan dan pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

Makan malam di waktu yang tepat

Makan malam di antara pukul delapan dan sembilan malam bagus untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Pastikan juga Anda makan dua sampai tiga jam sebelum pergi tidur. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dan membakar kalori.

Buah untuk camilan tengah malam

Jika Anda tipe orang yang suka kelaparan di malam hari, sediakan buah-buahan yang rendah kalori untuk camilan tengah malam. “Anda dapat memilih buah rendah kalori untuk membantu menurunkan berat badan,” kata Deepshika Agarwal, seorang ahli diet dan olahraga berbasis gizi di Mumbai.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini