nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Berduka, China Telan Korban

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 02 Januari 2015 06:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 02 406 1086797 indonesia-berduka-china-telan-korban-fm3uYDXNdn.jpg Tahun Baru, Indonesia Berkabung, China Telan Korban (Foto: Okezone)

PERGANTIAN Tahun Baru 2015 dirayakan di berbagai belahan dunia. Masing-masing negara merayakan pergantian tahun dengan cara berbeda.

Berikut ini beberapa perayaan Tahun Baru yang dilakukan di berbagai negara seperti dilansir dari BBC, berikut ini:

Shanghai

Ratusan ribu rakyat China menunggu memedatai kawasan Bund untuk menyaksikan pesta kembang api di malam pergantian tahun. Namun, akibat berdesak-desakan, 35 tewas dan 42 lainnya luka-luka karena saling injak.

London

Di London perayaan pesta kembang api berpusat di sekitar London Eye di Sungai Thames. Sebanyak 12 ribu kembang api diledakkan pada malam tahun baru. Big Ben menjadi menarik dengan latar belakang kembang api yang bersinar.

Paris

Wisatawan berkumpul di Prancis menyambut Tahun Baru 2015 di dekat Arc de Triomphe di Champs-Elyees Avenue Paris. Jalanan ditutup sehingga pejalan kaki bisa menyaksikan tontonan visual 15 menit sebelum tahun berubah.

Dubai

Pesta kembang api dilakukan di gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, Dubai. Kembang api ini sekaligus memecahkan rekor dunia dengan fasad yang diterangi LED terbesar di dunia.

Berlin

Di kota Berlin, Jerman ada konser udara terbuka besar yang diadakan di depan Gerbang Brandenburg.

Spanyol

Jutaan orang berkumpul di sekira Madrid Puerta del Sol dan Barcelona untuk menyaksikan pesta kembang api.

Sydney

Sebanyak 1,5 juta orang berbaris di tepi pelabuhan Sydney untuk melihat kembang api di Jembatan Pelabuhan Sydney. Mereka juga turut mendo’akan dua korban yang menjadi sandera di Sydney beberapa waktu lalu.

Indonesia

Beberapa kota di Indonesia membatalkan pesta kembang api karena insiden kecelakaan pesawat AirAsia QZ 8501. Namun, di beberapa tempat tetap melakukan pesta kembang api seraya berdo’a untuk para korban dan keluarga yang ditinggalkan, seperti yang dilakukan di gelaran Jakarta Night Festival di Monas.

Moskow

Di Rusia, Presiden Vladimir Putin menggambarkan tahun 2014 pencaplokan Krimea sebagai “sebuah bangunan bersejarah” bagi Rusia. Skyline Moskow dipenuhi dengan kembang api yang menyala di atas Katedral Kremlin dan St Basil.

Putin juga mengirimkan pesan ke beberapa pemimpin dunia bahwa dirinya dan Barack Obama sebagai pemimpin Rusia dan AS memiliki kepentingan bersama dalam “menjaga perdamaian dan stabilitas internasional.”

New York

Ribuan orang merayakan malam pergantian tahun di New York Times Square dengan keamanan yang ketat. Pasalnya, masih ada ketegangan mengenai isu rasis yang ada di New York.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini