nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trauma Mendalam Berdampak pada Tujuh Turunan

Marieska Virdhani (Okezone), Jurnalis · Sabtu 03 Januari 2015 16:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 03 196 1087396 trauma-mendalam-berdampak-pada-tujuh-turunan-iE2SO8CFC5.jpg Trauma mendalam berdampak pada tujuh keturunan (Foto: Huffingtonpost)

KELUARGA, khususnya orangtua, sangat berpengaruh dalam pembentukan perilaku anak. Lalu bagaimana jika orangtua kita memiliki latar belakang traumatis?

Rasa trauma mendalam yang dialami seseorang ternyata berpengaruh pada keturunan selanjutnya. Seorang ahli neurobiologis dan terapis okupasi dunia, Kim Barthel mengatakan, trauma dan sikap negatif akan berdampak hingga tujuh generasi.

“Sikap negatif dan trauma trans-generasi bisa sampai tujuh generasi. Ketika satu generasi alami trauma, trauma yang sama, maka generasi selanjutnya akan mendapatkan trauma itu, dan memengaruhi karakternya,” ungkapnya dalam seminar di Vokasi Universitas Indonesia (UI) The Behavioral Detective: Evidence and Art, Sabtu (3/1/2014).

Kim mencontohkan seseorang yang menjadi korban perang, maka rasa cemas dan khawatir yang ia rasakan dalam perang akan diturunkan pada anaknya, atau bisa jadi cucunya dan generasi selanjutnya. Pesan karakter yang disampaikan adalah berupa pola korban trauma tersebut kepada generasi selanjutnya.

“Seperti perang berpengaruh pada sikap dan interaksi satu sama lain. Anaknya akan menerima pesan dari mereka. Yang diturunkan polanya, walaupun keturunan beriikutnya tak mengalami kejadian sama. Suara perang dan pertempuran akan menyebabkan reaksi yang sama pada tubuh,” tegas wanita asal Kanada ini.

Kim menjelaskan, ketika seorang pasangan suami istri dikaruniai bayi, maka yang mereka lakukan adalah menyayanginya. Saat ibu menggendong, tentu memberikan kontak mata, batin, dan perasaan pada enam bulan pertama si bayi.

“Ibu akan mengalami koneksi dengan bayinya, dan itu ditangkap dalam otak bayi. Selain perang, misalnya bencana alam, kehilangan, hingga perceraian,” tandasnya.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini