Cara Utama Bebas dari Candu Narkoba

Evi Elfira, Jurnalis · Kamis 08 Januari 2015 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 07 194 1089270 cara-utama-bebas-dari-candu-narkoba-9vnR1ejK5C.jpg Pecandu narkoba bisa bebas dibantu keluarga (Foto: Newbeginning)

NARKOBA memang memiliki efek candu bagi para penggunanya. Namun, pengguna atau pecandu narkoba sebenarnya bisa terbebas dari jeratan obat-obatan terlarang itu.

Menurut psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M, NLPm, cara paling utama untuk lepas dari ketergantungan obat terlarang adalah adanya dukungan dari keluarga. Misalnya, jika istri atau suami terjerat narkoba, salah satunya harus bisa membujuk untuk direhabilitasi.

“Bisa meminta bantuan anggota keluarga lain untuk membujuk kalau anggota keluarga lainnya tidak bisa. Kemudian, silahkan datang ke BNN untuk berkonsultasi dan berkoordinasi,” jelasnya kepada Okezone.

Kendati demikian, peran anggota keluarga tidak sampai di situ saja. Namun, pengguna juga harus diberi motivasi untuk kembali hidup sehat.

“Harus ikhlas ketika direhab dan percayakan kepada situasi. Kalau direhab ada aturannya untuk tidak dijenguk,” tutup Kepala Seksi Advokasi Bidang Pencegahan BNN Kepulauan Riau ini.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini