Standar Tip Pelayan Restoran di 12 Negara (1)

Santi Andriani, Jurnalis · Kamis 08 Januari 2015 10:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 08 298 1089400 standar-tip-pelayan-restoran-di-12-negara-1-cIJYvLsBVn.jpeg Standar beri tip di 12 negara (Foto:Flickr)
JIKA puas dengan pelayanan dan rasa makanan yang Anda makan di restoran, berapa tip yang akan Anda berikan untuk pramusaji? Setiap negara ternyata punya pakemnya masing-masing.
 

Tip bisa jadi membantu meningkatkan pendapatan pramusaji. Tapi, apakah sudah pantas tip yang Anda berikan untuk mereka?

Masyarakat di berbagai negara di dunia ternyata memiliki etikanya masing-masing soal berapa tip yang pantas untuk pramusaji. Seperti dilansir Thedailymeal, Kamis (8/1/2015), berikut ulasannya lengkapnya.

Inggris

Umumnya biaya jasa atas pelayanan waiter sudah termasuk dalam tagihan setiap kali makan. Tapi jika tidak, biasanya konsumen di Inggris memberi tip 10 sampai 15 persen dari biaya tagihan. Anda bisa menyesuaikan besaran tip dengan tingkat kenyamanan dan kepuasan terhadap pelayanan dan rasa makanan.

Italia

Penduduk setempat biasanya meninggalkan beberapa koin di meja setelah makan sebagai tip. Meski tidak ada aturan berapa besarannya, jumlahnya bisa mendekati 10 persen dari total tagihan. Pelayan pun tidak pernah berharap tip yang mereka dapatkan mencapai 10 persen.

Spanyol

Di Negeri Matador ini, tip seperti sebuah keharusan. Jika layanan yang diperoleh baik, konsumen harus memberikan tip antara 7-13 persen. Tapi, jika layanan buruk, konsumen boleh meninggalkan restoran tanpa memberi tip.

Paris

Etika memberi tip di Paris besarannya antara 10 sampai 15 persen, biasanya sudah tercantum dalam tagihan makan. Namun, sebagian besar penduduk setempat meninggalkan uang ekstra, terutama jika layanannya sangat baik.

Jerman

Besaran tip di Jerman umumnya 10 sampai 15 persen. Ketimbang meninggalkannya di meja, pihak restoran berharap konsumen langsung memberikan tip kepada pramusaji yang melayani mereka.

Swiss

Sebagian besar restoran sudah memasukkan biaya layanan dalam tagihan makan konsumen. Jumlahnya sebesar 15 persen. Namun, Anda akan dianggap orang yang sangat sopan jika mau memberikan tip esktra di luar biaya pelayanan. Di tempat makan yang santai dan murah, besaran tip bisa berubah lebih kecil. (bersambung)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini