nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Khasiat Cuka Sari Apel untuk Gigi

Sofia Astarina, Jurnalis · Jum'at 09 Januari 2015 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 09 481 1090075 khasiat-cuka-sari-apel-untuk-gigi-4ksfaBHEP7.jpg Khasiat cuka apel (Foto: Naturalnews)

CUKA sari apel telah dipercaya sebagai obat yang efektif untuk memperbaiki berbagai macam penyakit. Salah satunya sebagai penambah rasa asam alami pada masakan.

Bahkan samurai prajurit Jepang mengandalkan cuka sari apel untuk mempertahankan kekuatan dan stamina mereka. Selain bermanfaat bagi tubuh, cuka sari apel juga dapat digunakan sebagai bahan kosmetik.

Perlu diketahui, mengonsumsi cuka sari apel secara rutin mampu menyehatkan rambut, kulit dan gigi Anda. Seperti yang dilansir dari Naturalnews, Jumat (9/1/2015), berikut manfaat-manfaat cuka sari apel bagi rambut, kulit dan gigi Anda.

Memperkuat dan menyegarkan rambut

Kebanyakan produk-produk sampo menggunakan bahan kimia dan tidak jarang berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Cuka sari apel dapat digunakan sebagai alternatif alami untuk produk perawatan rambut, karena membantu rambut menjadi lebih bersih, kuat, bersinar dan sehat.

Untuk menggunakan cuka sari apel sebagai sampo, Anda dapat campurkan secangkir seperempat cuka sari apel dan secangkir berisi air, lalu tuangkan campuran tersebut kedalam botol semprot kosong. Kemudian, semprotkan pada rambut dan kulit kepala, diamkan selama tiga atau lima menit. Lalu bilas menggunakan air hangat.

Meningkatkan kesehatan kulit

Selain baik untuk kesehatan rambut, cuka sari apel ini mampu meningkatkan kesehatan kulit Anda. Kandungan asam yang dapat membantu melawan sel kulit mati kita, sehingga memicu pergantian sel menjadi lapisan baru dan tampak lebih segar. Selain itu pH yang dimiliki cuka sari apel ini jarang melebihi tingkat pH tiga, hal ini membantu mengembalikan keasaman alami kulit, sehingga mengurangi kerentanan kulit dari pencemaran udara.

Jika Anda tertarik untuk memperbaiki kulit, cukup campurkan seperempat cangkir cuka sari apel dengan satu cangkir air dan oleskan campuran tersebut di atas area yang diinginkan dengan menggunakan kapas. Campuran ini sekaligus mampu mengobati kutil atau luka basah akibat cedera.

Membersihkan dan memutihkan gigi

Selain menggunakan sikat gigi dan odol, cuka sari apel juga membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi dan memutihkan gigi sehingga gigi tampak lebih sehat.

Setelah menyikat gigi tambahkan satu sendok teh cuka sari apel dalam segelas air berukuran kecil, kemudian oleskan campuran tersebut pada area sekitar mulut Anda selama 30 sampai 60 detik. Setelah meludah, kumur mulut Anda dengan air biasa untuk menghilangkan ampas yang ada dalam gigi.

Perlu diketahui, cuka sari apel tidak boleh digunakan sebagai obat kumur. Hal ini dikarenakan, kandungan asam didalamnya mampu menyebabkan lapisan gigi mudah terkikis.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini