Cara Alami Hilangkan Kutil

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 12 Januari 2015 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 12 481 1091162 cara-alami-hilangkan-kutil-gNCDb9gwEL.jpg Cara alami hilangkan kutil (Foto: Wikimedia)

KUTIL muncul akibat adanya penebalan kecil di permukaan kulit yang disebabkan oleh infeksi umum human papillomavirus (HPV). Meskipun umumnya kutil di kulit tidak berbahaya, terkadang ini membuat tidak nyaman.

Beberapa obat kimia yang dijual di pasaran dapat membantu mengangkat kutil yang tinggal di bagian tertentu di tubuh Anda. Namun, Anda juga bisa menyingkirkan mereka dengan cara yang alami, sebagaimana dilansir dari Healthcareasia, Senin (12/1/2015).

Minum teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila kekebalan tubuh kuat, maka kemungkinan besar infeksi HPV dapat dilawan. Jadi, cobalah minum teh hijau secara teratur.

Bawang putih

Iris bawang putih segar menjadi setengah dan oleskan hanya pada permukaan kutil. Tanpa bawang putih, letakkan perban di atasnya dan biarkan semalaman. Di pagi hari, cucilah daerah yang mengelilingi kutil. Lakukan ini setiap hari. Dengan sendirinya, kutil akan rontok.

Bawang merah

Hal ini bagus, terutama untuk kutil yang susah ditumpas. Anda bisa memakaikan bawang merah segar yang telah ditumbuk pada kutil dan biarkan sampai mengering. Bersihkan secara alami saat mandi. Perlu diingat, pastikan Anda tidak menggunakan ini pada wajah.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini