Penitipan Anak atau Pengasuh, Mana Terbaik?

Wilda Fitria, Jurnalis · Selasa 13 Januari 2015 22:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 13 196 1091855 penitipan-anak-atau-pengasuh-mana-terbaik-xp1Be6jnYz.jpg Memilih pengasuh dan penitipan anak yang tepat (Foto: Boldsky)

SAAT ibu sibuk bekerja, tempat penitipan anak dan pengasuh sering menjadi pilihan untuk menjaga buah hati. Namun, ibu yang mengandalkan kedua hal tersebut sebaiknya tidak boleh memilih secara sembarangan.

Sebagai orangtua, tentu saja ingin yang terbaik untuk anak. Karenanya, memilih antara tempat penitipan atau pengasuh juga harus diperhatikan. Berikut tipsnya seperti dilansir Boldsky, Selasa (13/1/2015)

Usia anak

Memilih penitipan ataupun nanny, bisa ditentunkan dari usia. Jika Anda merasa bahwa anak terlalu kecil untuk berinteraksi dengan yang lain, lebih baik sewa pengasuh. Dengan cara ini, anak akan mendapatkan perhatian dan menghindarkan hal yang tidak baik nantinya. Jika anak-anak di bawah usia enam bulan, pengasuh menjadi pilihan yang lebih baik.

Kenyamanan

Jika Anda berada di tempat kerja dan perlu untuk memberinya makanan, pilihlah tempat penitipan yang dekat kantor. Jika Anda terbuka dengan pekerjaan dan menyewa pengasuh, maka akan lebih baik lagi. Tetapi ini juga tergantung pada usia anak.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika memilih keduanya. Tingkat kenyamanan anak adalah yang terpenting. Anak pasti akan tidak nyaman ketika ada perubahan dalam lingkungan. Jika anak terus menangis, ini menunjukkan ada yang tidak nyaman, dan Anda harus harus membuat pilihan alternatif.

Biaya

Biaya menyewa pengasuh ataupun tempat penitipan dapat menjadi urusan mahal. Tak bisa dipungkiri, karier pun sama pentingnya. Jadi, buat lah keputusan bijak. Menjadi orang tua yang mengurus anak, sedangkan pasangan lainnya bekerja dapat menjadi pilihan murah nan bijak.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini