Tiga Cara Masak Ikan agar Tidak Amis

Santi Andriani, Jurnalis · Selasa 13 Januari 2015 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 13 298 1091818 tiga-cara-masak-ikan-agar-tidak-amis-shbO7Msgrc.jpg Tiga cara masak ikan agar tidak amis (Foto:Prevention)

AMIS, sering kali jadi alasan orang malas untuk mengolah ikan sendiri di rumah. Ada sejumlah teknik memasak yang bisa mencegah aroma amis pada ikan. Apa sajakah itu?

Cara mengolah makanan bisa membantu mengurangi atau menghilangkan aroma yang kurang sedap dari bahan makanan tersebut. Contohnya ikan, dengan memilih cara mengolah yang tepat, Anda tidak akan makan ikan sambil menutup hidung.

Seperti dilansir Prevention, Selasa (13/1/2015), setidaknya ada tiga cara mengolah ikan yang bisa mengurangi baunya.

Direbus

Banyak keuntungan mengolah ikan dengan direbus, yaitu dagingnya tetap lembut dan matangnya sempurna. Nah, agar tidak amis ketika matang, gunakan wajan atau panci dengan air yang sampai merendam semua badan atau potongan ikan. Masukkan bumbu dan rempah-rempah sesuai dengan jenis masakan yang hendak Anda buat. Kunci penting dalam memasak ikan dengan cara direbus adalah gunakan api kecil dan biarkan mendidih hingga ikan matang sepenuhnya.

Dipanggang

Memanggang adalah cara mengolah ikan dengan tetap menjaga kelembapan ikan dan menyembunyikan bau amisnya. Anda bisa melakukannya dengan cara, letakkan ikan yang sudah di-fillet di atas kertas roti bersama dengan sayuran dan bumbu, serta rempah-rempah. Gulung kertas roti dan mulai dipanggang. Lama pemanggangan sesuaikan dengan ukuran ikan yang Anda gunakan. Misalnya, ikan dengan berat 8 oz atau sekira 226 gram panggang dengan panas 400 derajat dan selama 15 menit.

Dibakar

Cara yang paling jitu untuk menghindari bau amis ikan adalah dengan cara dibakar. Bumbui ikan terlebih dahulu dan tempatkan ikan dengan sisi kulit menghadap ke bakaran, pastikan api tidak terlalu besar agar tidak gosong di luar, sementara daging di dalamnya masih mentah.(tty)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini