nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Minuman Ini Sebelum Minum Obat

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 16 Januari 2015 22:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 01 16 481 1093370 hindari-minuman-ini-sebelum-minum-obat-ZqPLNhHbKF.jpg Hindari minum ini sebelum minum obat (Foto:Boldsky)

KEEFEKTIFAN obat diserap oleh tubuh bukan hanya didukung oleh kandungan obat. Minuman atau makanan yang dikonsumsi bersama dengan obat juga dapat mempengaruhi manfaat obat bagi tubuh.

Minuman berikut, seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (16/1/2015), disarankan untuk dihindari saat Anda minum obat karena dapat mempengaruhi keefektifan obat.

Susu

Susu mengandung mineral kalsium yang kuat. Kalsium yang terkandung di dalamnya bila berinteraksi dengan obat-obatan tertentu dapat membuat obat Anda tidak efektif.

Teh

Minum obat-obatan dengan teh atau kopi harus benar-benar dihindari. Kedua minuman berkafein ini dapat mengurangi banyak manfaat dari kebanyakan obat-obatan. Jika Anda tidak bisa menghindari minum kopi atau teh, aturlah waktu agar bisa diminum sebelum atau sesudah minum obat.

Minuman ringan dan jus

Tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah Anda dapat minum obat dengan bantuan jus dan beberapa mungkin ini dapat mengurangi efek obat. Untuk minuman ringan, ini sebaiknya tidak diminum bersamaan dengan obat.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini