nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hal yang Harus Dihindari Sebelum Minum Obat

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 18 Januari 2015 02:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 01 16 481 1093376 hal-yang-harus-dihindari-sebelum-minum-obat-MUxMSWcQUL.jpg Hal yang dihindari sebelum minum obat (Foto: Boldsky)

DALAM masa pengobatan, terkadang orang mengabaikan hal-hal yang penting untuk dilakukan sesuai ketentuan. Kurang disiplin minum obat sampai melakukan kesalahan saat mengonsumsi obat sering dilakukan banyak orang.

Kelalaian atau ketidaktahuan dalam penggunaan obat dan penanganan terhadap obat, bisa menyebabkan obat menjadi tidak efektif bagi tubuh. Beberapa tindakan sederhana, seperti dilansir Boldsky, Jumat (16/1/2015), mungkin harus mulai Anda hindari saat mengonsumsi obat.

Lupa dosis obat

Mengikuti aturan dosis yang diresepkan dokter sangatlah penting. Jika Anda lupa beberapa kali Anda harus minum obat Anda tidak akan dapat menikmati manfaat dari obat Anda.

Minum obat dengan obat asam lambung

Hindarilah minum obat apapun bersamaan dengan obat asam lambung yang mengandung antasida. Jika Anda perlu minum obat antasida tersebut, lakukan satu jam sebelum atau sesudah meminum obat lain.

Minum beberapa obat sekaligus

Setiap kali dokter meresepkan obat tertentu, tanyakan padanya apakah aman untuk minum obat tersebut dengan obat-obatan lain. Ada kemungkinan, satu obat dapat mengurangi atau menambah efek dari obat lainnya. Ini disebut interaksi obat dan sering kali menimbulkan efek negatif.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini