Ini Keuntungan Menggoreng dengan Panci

Santi Andriani, Jurnalis · Minggu 18 Januari 2015 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 18 298 1093819 ini-keuntungan-menggoreng-dengan-panci-HgEs1IsUhv.jpg Menggoreng dengan panci (Foto:Farrago)

WADAH berbibir tinggi atau dalam seperti panci, kini lebih sering digunakan untuk menggoreng makanan ketimbang wajan. Memang, apa saja keuntungannya?

"Ada sejumlah alasan mengapa beberapa chef atau restoran menggunakan model panci untuk menggoreng selain dari wajan yang lebar," ujar finalis MasterChef Indonesia Season 2, Chef Vera Christiani ketika dihubungi Okezone, melalui sambungan telefon, Minggu (18/1/2015).

Chef Vera menjelaskan, ada sejumlah keuntungan dengan menggunakan wadah yang dalam untuk menggoreng ketimbang wajan. Berikut keuntungannya.

Demi keamanan

Dengan wadah yang dalam, akan menghindari terkena cipratan minyak panas ketika menggoreng ikan atau ayam. "Kalau pakai wajan kan cipratan minyak panasnya ke mana-mana, bahkan sampai kena tangan. Kalau pakai wadah yang bibirnya tinggi, ini lebih aman, karena cipratan tidak sampai ke luar," jelas Chef Vera.

Mengaplikasi teknik deep frying

Menggoreng dengan wadah yang dalam, bahkan dengan panci, menurut Vera, ini mengaplikasikan teknik menggoreng deep frying. Teknik menggoreng ini yang banyak diterapkan di restoran-restoran. Menggoreng dengan wajan, minyak akan menyebar mengikuti wadahnya yang lebar, sehingga seringkali makanan tidak terendam penuh. Sementara dengan wadah tinggi seperti panci, maka minyak akan mengumpul sehingga bahan makanan bisa sepenuhnya terendam.

"Tapi sebenarnya tinggal bagaimana ukurannya, kalau mau menggoreng dengan wajan, pilih yang diameternya kecil, sehingga minyak tidak menyebar, tapi kalau diameternya kecil, paling hanya muat beberapa bahan makanan yang akan digoreng," kata Vera.

Demi alasan kesehatan

Vera sendiri mengaku sudah meninggalkan menggoreng dengan wajan berbahan teflon. Karena menurutnya, kandungan dalam teflon bisa menyebabkan kanker. "Untuk memasak, aku menggunakan yang bahannya nikel, karena lebih aman dari segi kesehatan," kata dia.(yac)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini