Tips Menggoreng Enak & Sehat

Santi Andriani, Jurnalis · Senin 19 Januari 2015 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 18 298 1093865 tips-menggoreng-yang-enak-dan-sehat-S1p1NGjZk7.jpg Tips menggoreng yang enak dan sehat (Foto:Okezone)

MENGGORENG terdengar mudah. Namun untuk mendapatkan hasil gorengan yang enak, Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

"Kunci dari menggoreng adalah permainan api. Api yang terlalu besar atau terlalu kecil tentu akan memengaruhi hasil makanan yang kita goreng," kata Chef Vera Christiani melalui sambungan telefon kepada Okezone, Minggu 18 Januari 2015.

Vera, yang merupakan finalis MasterChef Indonesia 2, memberi sejumlah tips dan trik bagaimana menggoreng yang baik agar menghasilkan makanan yang enak.

Permainan api

Chef Vera mengatakan, kunci utama dari menggoreng adalah permainan api. Perhatikan besar kecil api agar hasil gorengan enak dan tidak terlalu matang atau sebaliknya masih mentah.

Ketika menggoreng ayam krispi atau ayam seperti yang dijual di restoran cepat saji, Vera menjelaskan, panaskan minyak dalam wajan dengan api besar. Begitu panas dan ayam dimasukkan, kecilkan api.

"Panas minyak tentu sudah membuat kulit menjadi krispi, kecilkan api sehingga daging ayam menjadi lebih matang. Kalau tidak dikecilkan, maka kulit akan gosong sementara daging belum matang," kata Vera.

Untuk menggoreng ayam dibutuhkan waktu 20 sampai 25 menit.

Menggoreng ikan

Cara awal adalah sama seperti menggoreng ayam, panaskan minyak dengan api besar. Begitu panas dan ikan dimasukkan, kecilkan api.

Bedanya dengan menggoreng ayam, Chef Vera mengatakan, hanya butuh waktu lima menit untuk menggoreng ikan. "Karena ikan teksturnya lebih lembut, dagingnya lembut, jadi akan lebih cepat matang, cukup lima menit," ujar dia.

Menggoreng fillet

Menggoreng ayam yang sudah bebas tulang atau fillet tentu berbeda dengan menggoreng ayam masih dengan tulang.

Chef Vera mengatakan, hanya butuh waktu 15 menit untuk menggoreng ayam tanpa tulang. Karena hanya tinggal mematangkan daging.

"Menggoreng ayam fillet, juga sebaiknya dari awal, apinya sedang saja," kata Chef Vera.

Penggunaan minyak goreng

Hasil gorengan juga sangat tergantung dengan kualitas minyak goreng yang Anda gunakan. Chef Vera mengatakan, penggunaan minyak goreng berulang sebaiknya hanya sebanyak dua sampai tiga kali.

"Kecuali kalau awalnya untuk menggoreng ikan asin, sebaiknya ya tidak digunakan lagi ya,” kata Chef Vera.

Pastikan minyak merendam bahan makanan

Pastikan minyak yang digunakan merendam seluruh badan makanan yang digoreng. Ini untuk memastikan makanan matang seluruhnya.

Perhatikan alat penggorengan yang aman bagi kesehatan

Pastikan menggunakan alat memasak, khususnya untuk menggoreng yang aman bagi kesehatan. Sejumlah bahan logam alat memasak ada yang aman bagi kesehatan, tapi sebaliknya, bisa buruk bagi kesehatan.

Vera sendiri mengaku, kini ia meninggalkan wajan yang terbuat dari bahan teflon karena diklaim menyebabkan kanker. "Aku kini lebih memilih yang berbahan nikel, karena sejauh ini logam ini yang aman bagi kesehatan," kata dia. (yac)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini