Mencegah Rambut Rontok Selama Hamil

Evi Elfira, Jurnalis · Senin 19 Januari 2015 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 19 194 1094270 mencegah-rambut-rontok-selama-hamil-mKBJLoA1Y1.jpg Mencegah Rambut Rontok Selama Hamil (Foto: boldsky)

KETIKA hamil, para wanita sering dihadapkan masalah rambut rontok. Tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk mengatasinya.

Hormon wanita menjadi tidak seimbang dan menyebabkan banyak perubahan pada fisik selama hamil. Salah satunya adalah rambut rontok. Namun sebelum Anda khawatir dengan kerontokan tersebut, simaklah beberapa tips berikut, sebagaimana dilansir Boldsky, Senin (19/1/2015).

Ketahui kondisi tubuh

Ketika hamil, rambut akan rontok secara alami bahkan ketika kondisi tubuh Anda benar-benar sehat. Sebelum rambut rontok makin mengkhawatirkan, ketahui dan pahamilah kondisi tubuh Anda ketika hamil. Anda juga bisa memertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti sarannya.

Vitamin kehamilan

Banyak wanita berhenti mengonsumsi vitamin masa kehamilan setelah melahirkan. Namun, sangat dianjurkan untuk terus mengonsumsi vitamin tersebut selama beberapa bulan setelah melahirkan agar rambut tidak rontok.

Tetap terhidrasi

 

Meminum air secara cukup adalah cara termudah untuk merawat rambut. Minum sekira delapan gelas per hari. Hal ini juga penting untuk produksi ASI Anda.

Rileks

Ketika Anda terlalu khawatir dengan kerontokan rambut, maka kemungkinan itu adalah penyebab masalah rambut rontok. Untuk mengatasi kegelisahan, Anda bisa mencoba yoga atau meditasi agar bisa membuat hormon seimbang dan menjadi rileks.

Perawatan rumahan

Rambut rontok yang Anda alami hanya berlangsung pada saat kehamilan. Daripada mencoba perawatan kimia dan obat-obatan, saran terbaik adalah mencoba pengobatan rumah yang alami dan aman.

Minyak pijat

Perubahan hormon akan meninggalkan banyak masalah pada kulit kepala. Menggunakan minyak pijat adalah ide terbaik untuk membuat kulit kepala tetap sehat. Namun, jangan lupa membilas minyak pijat dari kulit kepala setelah diterapkan.

Perawatan sendiri

Hindari penataan rambut, seperti kepang, keriting, roll, atau menaik rambut Anda. Jangan menyisir rambut saat basah. Kalau Anda perlu menyisir rambut saat dalam keadaan basah, gunakan sisir bergigi jarang. Selain itu, untuk mencuci rambut Anda perlu memilih sampo dengan bahan yang lembut dan batasi penggunaannya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini