Didi Budiardjo Prihatin Perajin Batik Kurang Diapresiasi

Wilda Fitria, Jurnalis · Selasa 20 Januari 2015 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 20 194 1094692 didi-budiardjo-prihatin-perajin-batik-kurang-diapresiasi-rqFqfT9HYL.jpg Didi Budiarjo prihatin perajin batik kurang diapresiasi (Foto: Josep/Okezone)
BAGI desainer Didi Budiardjo, mengapresiasi sebuah karya sangatlah penting. Mengapresiasi, artinya menghargai karya orang lain, juga kepada perajin daerah.
 
Apresiasi tidak harus sesuatu yang bernilai besar. Desainer Didi Budiarjo melihatnya pada karya para pengrajin daerah. Lantaran kurang apresiasi, Didi sangat prihatin banyak para perajin daerah memilih menjadi pelayan toko atau bekerja di hotel daripada meneruskan keahliannya.
 
“Apresiasi itu sangat penting. Saya sering mendapati perajin daerah lebih senang jadi pelayan toko atau sebagai pelayan restoran, dan saya sangat menyayangkan itu,” kata Didi kepada Okezone saat ditemui di Museum Tekstil, Jakarta, Senin (19/1/2015).
 
Didi mengungkapkan, tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan seni tersebut. Ketika mereka dikaruniai dengan kemampuan luar biasa, orang lain justru harus belajar terlebih dahulu. Kenyataan miris ini dia temukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Menurutnya, apresiasi dari pemerintah dan masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan.
 
“Saya kalau beli kain dari seorang perajin, bukan pengepul atau pengumpul, tidak pernah menawar harganya. Saya tahu betapa susahnya untuk menghasilkan kain tersebut,” imbuh Didi.
 
Menurut desainer yang telah berkarier selama 25 tahun ini, orang perlu mengapresiasi kemampuan para perajin. Perlu juga dipahami kerja keras yang mereka lakukan dalam membuat sebuah kain.
 
“Bagaimana sebuah batik dibuat melalui proses yang sedemikian panjangnya. Pernahkah orang tahu untuk membuat tenun, harus mencucukkan benang satu per satu ke sekian ribu mesin penenun. Itu sesuatu yang luar biasa. Jadi, hal-hal seperti itu yang perlu dipahami supaya orang lebih mengapresiasi sebuah karya,” tutup Didi.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini