Share

Resep Pie Durian Lezat

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 26 Januari 2015 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 26 298 1097465 resep-pie-durian-lezat-YmeP5DhBgP.jpg Resep pie durian ala Chef Agus Sasirangan (Foto:Davaodeli)

BUAH durian paling pas diolah sebagai hidangan penutup. Salah satunya yaitu menjadi pie durian yang lezat.

Jika Anda ingin membuat pie durian yang lezat, berikut resepnya dari Chef Agus Sasirangan, runner up MasterChef Indonesia 1.

Bahan kulit pie:

200 gram mMargarin

100 gram gula halus

2 kuning telur

350 gram tepung terigu rendah protein

Bahan vla:

500 ml susu cair

150 gram gula pasir

¼ vanila powder

75 gram tepung maizena

1 sdm margarin

¼ sendok teh garam

150 sampai 200 gram daging durian

Cara membuat kulit pie:

1. Siapkan mangkuk besar, masukkan margarin dan gula halus. Kocok selama 10 detik sampai rata tidak ada gumpalan. Pasalnya, jika terlalu lama, adonan akan lemas. Setelah itu, masukkan kuning telur dan kocok selama lima detik. Kemudian masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula atau sendok kayu sampai tercampur rata.

2. Setelah semuanya rata, adonan dimasukkan ke dalam cetakan pie kecil yang sudah diolesi dengan margarin. Jangan lupa, adonan ditusuk-tusuk dengan garpu pada bagian pinggir dan bagian bawahnya agar saat dipanggang mudah matang dan adonan tidak menggelembung.

3. Lalu panggang adonan dalam oven dalam suhu 160 derajat Celsius dengan rentang waktu kurang lebih 25 menit. Tunggu sampai adonan kulit pie berubah warna keemasan.

Cara membuat vla durian:

1. Semua bahan vla dimasukkan ke blender kecuali kuning telur. Blender semua bahan sampai halus dan masukkan ke panci, masukkan margarin. Lalu masak dengan api sedang sambil diaduk dengan balon whisk (alat pengaduk adonan dengan bentuk balon dari stainless) dan aduk sampai mengental.

2. Masukkan kuning telur dan aduk sebentar saja sampai rata. Setelah uap adonan vla hilang, vla bisa dituangkan ke dalam kulit pie yang sudah jadi.

3. Untuk mempercantik tampilan kue pie durian ini, bisa ditambahkan adonan agar-agar dan campuran buah. Pie durian pun siap dinikmati.

Untuk 24 porsi (ukuran kecil).(ndr)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini