Trik Pernapasan Bantu Redakan Sinusitis

Renny Sundayani, Jurnalis · Selasa 27 Januari 2015 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 27 481 1097842 trik-pernapasan-bantu-redakan-sinusitis-NSJtGYqHru.jpg Trik pernapasan bantu redakan sinusitis (Foto: Quickanddirtytips)

PERNAHKAH Anda mengalami sinusitis yang tak kunjung sembuh, meski sudah minum obat? Saatnya Anda mulai meninggalkan obat-obatan kimia dengan menggantinya memakai pengobatan alami namun hasilnya maksimal.

Dokter Naturopathy and Yogic Sciences asal India, Purushothaman Munirathinam mengatakan, air garam dan latihan pernapasan hidung bisa meredakan penyakit sinus yang mengganggu aktivitas.

"Ini sangat bermanfaat sekali untuk penderita sinus yang tak kunjung sembuh melalui obat-obatan," katanya di acara peluncuran buku Detoks Yoga, Cara Instan Menurunkan Berat Badan di Toko Buku Gramedia, Grand Indonesia Mall, Selasa (27/1/2015).

Dalam penjelasannya, ia mempraktekkan bagaimana gerakan pernapasan yang membantu penderita sinus menahun. Caranya dengan menggunakan ibu jari, tutup hidung sebelah kanan, kemudian buang napas sebanyak 40 kali.

"Setelah sebelah kanan, gantian sebelah kiri selama 40 kali. Alhasil napas menjadi lega," ungkap Purushothaman.

Ia pun menyarankan trik pernapasan ini dilakukan rutin setiap hari.

Di samping itu, tips lainnya adalah dengan mencuci hidung menggunakan air garam hangat. Caranya dengan mempersiapkan teko kecil yang sudah diisi dengan air hangat dan garam. Kemudian mulai memasukannya ke dalam hidung kiri lalu kanan secara bergantian dan perlahan.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini