nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisman Eropa Singgah di Balikpapan Pakai Kapal Pesiar

Amir Sarifudin , Jurnalis · Rabu 28 Januari 2015 11:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 01 28 406 1098253 wisman-eropa-singgah-di-balikpapan-pakai-kapal-pesiar-oWha6U4mg8.jpg Wisman Eropa singgah di Balikpapan pakai kapal pesiar (Foto: Amir Sarifudin/Okezone)

SEBANYAK 350 wisatawan mancanegara (wisman) asal Prancis, Inggris, termasuk Amerika, datang ke Balikpapan menggunakan kapal pesiar Aegean Odyssey. Kapal akan bersandar pukul 08.00 WITA di Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan Oemy Facesly mengatakan, kehadiran turis mancanagera merupakan bagian dari wisata di Indonesia di awal 2015.

"Kita harapkan ini ikut memberikan pengaruh positif bagi wisata di Balikpapan," ujar Oemy Facesly pada Rabu (28/1/2015) ditemui saat menyambut turis mancanegera.

Kehadiran wisman ini disambut langsung Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Lanal Balikpapan, Pelindo, Administrator pelabuhan (Adpel) Balikpapan, dan mantan Ketua Asita Kalimantan Timur Joko Purwanto. Rombongan disambut tarian selamat datang khas Dayak.

(Foto: Amir Sarifudin/Okezone)

"Mereka akan melihat konservasi orangutan Samboja Lestari dan penangkaran buaya Tritip," ujar Oemy.

Rencananya para wisman berada di Balikpapan hingga pukul 17.00 WITA.

Kehadiran mereka di sejumlah destinasi Indonesia, termasuk di kota Balikpapan, menjadi kalender tahunan pertama kali yang datang dalam jumlah besar menggunakan kapal pesiar.

“Mereka sudah berada di Indonesia lima hari dari Semarang, lalu ke Balikpapan seharian, lanjut ke Makasar, Palopo, kemudian Larantuka, Pulau Komodo, dan terakhir Bali,” jelas Joko Purwanto yang juga juga sebagai Direktur Trans Borneo Adventure.

Menurutnya, ini menjadi momen penting bagi pariwisata Kaltim dan Balikpapan yang ditandai dengan kunjungan dalam jumlah besar. “Setiap tahun ada tapi kecil-kecil, jumlah paling seratusan. Pakai kapal pesiar dengan rombongan besar, ini pertama kalinya. Mudah-mudahan ada kapal pesiar lainnya yang datang kemari dengan objek wisata yang ditawarkan,” tandasnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini