Mencegah Penuaan Dini dari Dalam Tubuh

Sofia Astarina, Jurnalis · Kamis 29 Januari 2015 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 28 481 1098533 mencegah-penuaan-dini-dari-dalam-tubuh-1LSKwhBlNC.jpg Mencegah penuaan dini dari dalam tubuh (Foto: Huffingtonpost)

KULIT perlahan-lahan menua, diakibatkan stres dengan rutinitas sehari-hari dan kurangnya nutrisi yang tepat, matahari yang merusak kulit, pola makan yang salah. Tak sedikit wanita mengalami penuaan dini di usia 20 tahunan.

Untuk mencegah hal tersebut berikut langkah sederhana untuk cegah penuaan dini, seperti yang dilansir dari Timesofindia, Rabu (28/1/2015).

Pilih menu makanan tepat

Sebaiknya pilih makanan yang memicu regenerasi sel dan kulit setiap hari. Imbangi dengan mengonsumsi makanan segar dan non-olahan untuk mendorong kulit Anda memperbarui diri. Selain itu, kulit juga membutuhkan air, minum setidaknya tiga sampai empat liter air setiap hari untuk menjaga kulit dari dehidrasi sehingga menjaga tetap kenyal dan bersinar.

Gunakan pelembap

Pakai pelembap, lalu pijat kulit Anda agar memudahkan peremajaan kulit. Hindari menarik-narik kulit Anda karena kebiasaan tersebut menyebabkan garis prematur pada kulit.

Konsumsi teh herbal

Minum teh hijau dan teh herbal agar memiliki tingkat antioksidan yang signifikan sehingga mampu menahan penuaan. Kurangi mengonsumsi kopi, karena menyebabkan dehidrasi dan membuat kulit Anda menjadi kering.

Lakukan olahraga

Olahraga kecil untuk membantu kulit Anda tetap awet muda. Perlu diketahui, kegiatan aerobik mampu meningkatkan sirkulasi dan memberikan nutrisi pada tubuh Anda.

Hindari stres

Hal ini menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan risiko penuaan dini. Untuk mencegahnya lakukan meditasi, yoga, berkebun, atau bahkan bermain dengan hewan peliharaan Anda, agar terhindar dari stres.

Selain langkah-langkah diatas, seimbangkan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang menjaga kulit Anda agar tetap tampak muda dan segar. Untuk mendapatkannya, konsumsi yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, kiwi, paprika merah dan kuning. Makanan tersebut dipercaya mampu menjadi antioksidan yang memproduksi kolager dan bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap muda.

Sedangkan untuk mendapat asupan beta karoten pada kulit, konsumsi makanan seperti aprikot, wortel, labu, biji bunga matahari, almond, minyak gandum, dan minyak nabati. Sumber-sumber tersebut merupakan antioksidan yang mampu memperlambat penuaan sel dan menjaga jarigan pada kulit.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini