Share

Jenis-Jenis Kutil yang Perlu Anda Ketahui

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 29 Januari 2015 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 29 481 1099030 jenis-jenis-kutil-yang-perlu-anda-ketahui-UxQM99SeXr.jpg Jenis-jenis kutil yang perlu Anda ketahui (Foto: Wartolwartshelp)

KUTIL adalah fenomena umum pada kulit yang dimiliki hampir setiap orang. Meskipun sangat umum, mungkin Anda belum tahu apa penyebab dan jenis-jenis kutil yang ada.

Kutil adalah gumpalan kecil dari kulit yang dapat bertumbuh. Biang keladi dari kutil adalah beberapa jenis human papillomavirus (HPV) yang dapat menginfeksi lewat kontak kulit dengan kulit.

Beberapa kutil hilang dalam waktu singkat, namun tak jarang yang menetap lama dan hanya bisa dihilangkan dengan operasi. Untuk mengetahui beberapa jenis kutil, berikut adalah penjelasannya, seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Kamis (29/1/2015).

Verruca vulgaris

Kutil secara umum dicirikan dengan permukaannya yang kasar dan keras. Kutil jenis ini dapat muncul di bagian mana pun di tubuh, namun paling sering ditemukan di buku jari, jari, siku, dan lutut. Sering kali kutil ini berwarna gelap akibat pembuluh darah yang menggumpal.

Verrucas

Kutil jenis ini muncul di alas kaki, seperti tumit dan ujung kaki. Kutil ini sering mendem karena tekanan kaki. Verrucas yang bisa terasa sakit biasanya memiliki titik gelap di tengah dan kulit putih yang mengeras. Titik hitam tersebut adalah suplai darah untuk kutil ini.

Verruca plana

Plana artinya datar atau rata. Kutil rata ini bentuknya bulat dan lembut. Umumnya mereka berwarna kekuningan, kecokelatan, atau sama dengan warna kulit. Kutil ini umum terjadi pada anak-anak dan ditemukan di tangan, lengan, dan wajah.

Verruca filiformis

Kutil ini bentuknya memanjang ke atas dan umum ditemukan di kelopak mata, leher, dan ketiak.

Kutil mosaik

Kutil mosaik tumbuh dalam jumlah banyak dan membentuk mosaik. Kutil ini bisa tumbuh di telapak kaki atau tangan.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini