nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Bikin Kopi Instan 10 Kali Lebih Enak!

Santi Andriani, Jurnalis · Minggu 01 Februari 2015 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 02 01 298 1099919 cara-ini-bikin-kopi-instan-10-kali-lebih-enak-06tGP3oYOU.jpg Cara bikin kopi yang enak (Foto:Rocketnews24)

DENGAN alasan mempersingkat waktu, seringkali orang memilih minum kopi instan. Tapi apakah rasanya betul-betul nikmat?

Seorang pecinta manis yang namanya diketahui sebagai 'Sweet-Holic' tidak percaya akan tips dari ayahnya, pencinta kopi, yang diketahui sebagai 'Papa'. Ayahnya memberi tips bagaimana membuat kopi instan terasa 10 kali lebih enak.

Berikut percakapan mereka, seperti dilansir Rocketnews24, Minggu (1/2/2015).

“Papa: Jika kamu mencampurkan butiran kopi dengan air dingin sebelum menambahkan dengan air panas. Kamu akan mendapatkan rasa kopi instan yang benar-benar enak.

Sweet-Holic: Apa? Enak saja! Itu benar-benar tidak mungkin!

Papa: Baik, jika tidak percaya, coba saja sendiri. Ini benar-benar membuatnya 10 kali lebih enak!”

Sweet-Holic pun menjadi penasaran dan diam-diam mengikuti tips dari ayahnya itu.

Yang perlu disiapkan:

1 sendok teh kopi instan, sesuai selera

1 sendok teh air dingin

1 cangkir kopi

140 cc air mendidih

Cara membuatnya:

1. Masukkan satu sendok teh kopi instan ke cangkir dan campur dengan satu sendok teh air dingin. Aduk-aduk hingga kopi meleleh dan tercampur dengan air.

2. Kemudian, masukkan air panas dan aduk hingga tercampur.

Begitu mencicipinya, Sweet-Holic sangat terkejut, karena ternyata apa yang ayahnya katakan benar-benar terbukti. Aroma dan rasa kopi instan lebih harum dan enak ketimbang dengan cara biasanya. Dia mengakui, mencampurkan kopi bubuk ke dalam air dingin terlebih dahulu akan membuat rasa dan aroma kopi lebih enak.

Ternyata, cara ini bukan tanpa pembuktian ilmiah. Dalam progam NHK yang bertajuk 'Tameshite Gatten', ditemukan bukti, menambahkan air panas langsung ke butiran kopi instan akan menyebabkan kandungan amilum dalam kopi mengeras dan memberi rasa tepung. Sebaliknya, mencampurnya dengan air dingin terlebih dahulu akan melarutkan kopi lebih lembut. Ini membuat kopi lebih enak dan kaya akan aroma.(yac)

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini