Image

Botabek Butuh Positioning Unik

Johan Sompotan, Jurnalis · Senin 02 Februari 2015, 21:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 02 02 406 1100500 botabek-butuh-positioning-unik-pe1ymuY97h.jpg Botabek butuh positioning unik (Foto: Okezone)

PERKEMBANGAN wisata terus digenjot demi meningkatkan devisa negara. Termasuk perluasan dan penguatan wisata Jakarta, Cianjur, Bogor, Depok, Tangerang dan Cianjur (Jabodetabekjur).

Diketahui, perkembangan ekonomi region Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Cianjur (Jabodetabekjur) merupakan titik pusatnya menjadikan kota-kota seperti Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang dan Tangerang Selatan tumbuh pesat sebagai kota hunian. Namun, kelima kota ini harus bersaing untuk memperebutkan sumber daya khususnya persoalan destinasi wisata.

"Position paper branding perkotaan merupakan seri pertama dari beberapa seri yang direncanakan. Untuk seri pertama, kota Bogor, Bekasi, Depok, serta area Tangerang menjadi fokus pehatian, terlebih dari sisi wisatanya. Daerah yang disebutkan memiliki kekuatan dalam mengembangkan daerah wisata," jelas Dr. Ummi Salamah, selaku Peneliti dan Ekonom perkotaan Universitas Indonesia seperti dalam release yang diterima Okezone, Senin (2/1/2015).

Hal yang sama diutarakan oleh CEO PT. Makna Informasi M. Rahmat Yananda yang mengatakan, bila peningkatan branding ini memang sejalan dengan ide pariwisata Indonesia dalam memperkuat wisata di Indonesia.

Meski memiliki kekuatan berbeda maka diharapkan branding menjadi peta jalan atau panduan kepala daerah yang memberikan kejelasan untuk meningkatkan partisipasi semua pihak dalam pembangunan.

"Secara umum, belum banyak pengetahuan yang membahas pembangunan daerah yang memakai perangkat branding. Karenanya diharapkan menjadi salah satu acuan pembangunan kota, kabupaten dan propinsi berbasis identitas masing-masing daerah khususnya untuk area wisata," tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini