Share

Menkes Ajak Pramuka Basmi Sarang Nyamuk Penyebab DBD

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 03 Februari 2015 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 03 481 1100732 menkes-ajak-pramuka-basmi-sarang-nyamuk-penyebab-dbd-KYfHWQVkfR.jpg Menkes ajak pramuka basmi sarang nyamuk penyebab DBD (Foto: Wikipedia)

UNTUK mencegah bertambahnya pasien akibat penyakit demam berdarah dengue (DBD), Kementerian Kesehatan RI melakukan tindakan preventif. Menteri Kesehatan Prof Nila F Moeloek melibatkan anggota pramuka di seluruh Indonesia untuk membasmi sarang nyamuk.

Menkes Nila mengatakan, anggota pramuka yang tergabung dalam Saka Bakti Husada memiliki kegiatan dalam bentuk krida bidang kesehatan, yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta berperilaku hidup sehat. Dalam jangka panjang, anggota pramuka juga turut meningkatkan layanan kesehatan, utamanya upaya kesehatan masyarakat, seperti pengendalian vektor penyakit.

"Anggota pramuka yang berjumlah lebih dari 20 juta orang di seluruh Indonesia, hendaknya didayagunakan sebagai agent of change di kalangan kaum muda," ujar Menkes Nila di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Dalam hal ini, anggota pramuka juga dilibatkan untuk mengendalikan vektor penyakit, seperti membasmi DBD dengan melakukan fogging dan mengingatkan masyarakat untuk melakukan preventif 3M (menguras bak mandi, menutup penampung air, dan mengubur barang bekas)

"Saya kira anggota pramuka bisa jadi pembasmi sarang nyamuk. Setidaknya memberi informasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan berperilaku hidup sehat," tutupnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini