Share

Mojokerto Dinyatakan Bebas dari DBD

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 04 Februari 2015 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 03 481 1101011 mojokerto-dinyatakan-bebas-dari-dbd-QnnHXZJO4U.jpg Mojokerto bebas nyamuk (Foto: Wisegeek)

MESKIPUN kasus demam berdarah dengue (DBD) banyak terjadi di Jawa Timur, bukan berarti tak ada satu wilayah yang dinyatakan bebas dari penyakit tersebut. Salah satunya yaitu Kabupaten Mojokerto.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. H. M. Subuh, MPPM. Menurutnya, ada 18 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang saat ini berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD. Namun, Kabupaten Mojokerto dinyatakan aman.

"Untuk Jawa Timur, satu kota yang tahun ini belum ada laporan kasus DBD adalah Mojokerto. Karena memang Bupati dan masyarakatnya melakukan upaya pencegahan sepanjang tahun. Inilah yang perlu kita lakukan," ujar Subuh di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, belum lama ini.

dr Subuh menegaskan gerakan masyarakat untuk memberantas nyamuk ini adalah cara paling efektif. Yaitu dengan melakukan 3M seperti menguras, membuang dan mengubur barang bekas.

"Apalagi dengan curah hujan yang tinggi, itu memudahkan sekali jentik berkembang dan akhirnya menjadi nyamuk dewasa. Kalau masyarakatnya gak tanggap, penyakit ini akan semakin menjalar dan menambah tingkat kejadian luar biasa," tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini