Tips Menghindari Keracunan Makanan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 09 Februari 2015 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 09 298 1103468 tips-mengindari-keracunan-makanan-sRvzZXgrRQ.jpg Kenali penyebab keracunan makanan (Foto:Shutterstock)

BELAKANGAN ini pemberitaan diramaikan dengan sejumlah kasus anak-anak yang keracunan jajanan. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mengolah sendiri bekal untuk anak-anak.

Untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya keracunan makanan, Anda bisa mengolah sendiri makanan-makanan tersebut. Namun, tetap ada sejumlah hal yang harus diperhatikan agar makanan tidak menyebabkan racun bagi tubuh.

Chef Yadi selaku Executive Chef di Jumeirah Beach Residence, Dubai, memberikan beberapa tips tentang pengolahan makanan yang baik, kepada Okezone, melalui pesan singkat, Senin (9/2/2015). Berikut sejumlah tips yang bisa menjadi acuan agar kita terhindar dari keracunan makanan.

Cara pilih sayuran dan buah

Ketika memilih sayuran atau buah, pilih yang masih segar dan memiliki kualitas baik. Usahakan pilih yang memiliki warna cerah serta tidak terdapat lubang bekas gigitan serangga. Cuci hingga bersih sebelum diolah atau dimakan langsung.

Pilih telur

Jika mengolah makanan dengan bahan baku berupa telur, pilih telur yang memiliki bentuk oval. Pilih permukaan kulit luarnya yang bersih dari kotoran. Sebaiknya dicuci bersih sebelum dimasak atau disimpan.

Masak hingga matang

Masaklah produk daging hingga benar-benar matang. Artinya, tidak ada bagian daging yang masih berwarna merah.

Simpan dalam freezer

Jangan membiarkan produk daging segar seperti ikan, daging ayam, atau daging sapi terlalu lama di suhu ruangan. Usahakan untuk menyimpannya dalam freezer.

Kebersihan alat masak

Selalu perhatikan kebersihan alat pengolahan sebelum dipakai untuk mengolah makanan.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini