Kenali Sebab Keracunan Makanan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 09 Februari 2015 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 09 298 1103475 kenali-sebab-keracunan-makanan-dB3fToIbEp.jpg Tehnik pengolahan yang tidak benar bisa menyebabkan keracunan (Foto:Shutterstock)

BEBERAPA waktu belakangan ini, marak terjadi kasus keracunan makanan yang dialami siswa sekolah dasar dan karyawan pabrik. Keracunan bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain seperti bahan baku yang digunakan, teknik pengolahan hingga alat memasak yang digunakan.

Chef Yadi Pasiman, Executive Chef di Jumeirah Beach Residence, Dubai menjelaskan, sejumlah penyebab terjadinya keracunan. Kepada Okezone, melalui pesan singkat, Senin (9/2/2015), berikut alasan mengapa makanan yang disantap bisa menyebabkan keracunan.

Bahan baku sudah tidak segar

Bahan baku yang tidak segar biasanya memicu bakteri yang akan banyak berkembang. Misalnya pada sayuran atau buah yang busuk bisa mengundang bakteri penyebab utama terjadinya keracunan makanan.

Penyimpanan daging dan ikan tidak baik

Daging sapi maupun daging ayam merupakan bahan basah, artinya bakteri akan lebih mudah berkembang biak didalamnya. Untuk itu daging sapi maupun daging ayam memerlukan penanganan khusus dalam penyimpanannya. Penyimpanan yang tidak baik akan membuat daging dan ikan mudah busuk.

Teknik pengolahan tidak benar

Teknik pengolahan yang salah juga dapat memicu terjadinya keracunan. Dalam merebus makanan, pastikan air rebusan sudah mendidih, jadi bakteri dalam air sudah benar-benar mati. Selain itu, pastikan tangan kita bersih dari kotoran yang menempel.

Alat memasak tidak bersih

Jika bahan baku dan teknik pengolahan sudah benar namun alat pengolahannya tidak baik, bisa juga menjadi pemicu keracunan makanan. Alat pengolahan yang tidak baik, contohnya wadah yang digunakan tidak bersih, wajan, atau panci yang berkarat, ataupun pisau yang digunakan secara bercampur untuk memotong semua bahan baku.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini